Ini Konstruksi yang Diklaim Tahan Gempa

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Gempa Susulan Melanda Jepang, Warga Mengungsi
- Sebagai negara yang banyak memiliki titik gempa, konstruksi bangunan di Indonesia, harus didesain untuk mampu meredam pergerakan tanah tersebut. Konstruksi sistem sarang laba-laba diklaim mampu menahan gempa.

Pemerintah Indonesia Bersimpati atas Gempa Myanmar

"Konstruksi sarang laba-laba sudah diakui tahan terhadap gempa dan sudah lolos uji laboratorium dan uji lapangan," ujar Johnny Sinaga, Ketua Himpunan Ahli Teknik Perumahsakitan Indonesia (HATPI).
Gempa 6 SR Guncang Filipina Selatan, 3 Terluka


Melalui keterangan tertulisnya, Rabu 14 Januari 2015, Johnny mengungkapkan konstruksi sarang laba-laba terbukti mampu bertahan. saat gempa besar melanda Pulau Simeulue, Aceh. Bangunan yang menggunakan konstruksi tersebut tetap berdiri kokoh tidak mengalami kerusakan.


Johnny mengklaim, konstruksi sarang laba-laba merupakan konstruksi menggunakan pondasi dangkal (
floating
), sehingga aman dipergunakan untuk bangunan dua atau tiga lantai.


"Pengalaman gempa di Padang, ada satu poliklinik yang menggunakan menggunakan pondasi dalam, ternyata setelah beberapa kali terkena gempa justru roboh. Sehingga, setelah itu saya lebih suka menggunakan konstruksi sarang laba-laba," ujar Johnny yang juga Presiden Direktur PT Darena Prakasa Utama.


Menurut dia, selain biaya lebih efisien dibanding konstruksi lain, sarang laba-laba juga tidak membutuhkan waktu lama untuk pekerjaannya, serta tidak sulit untuk diaplikasikan oleh pelaksana konstruksi.



Baca juga:



(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya