BBM Turun, Pemerintah Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Turun

Kebutuhan Pokok 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah memastikan harga kebutuhan pokok bakal terseret penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Penurunan harga BBM berkaitan dengan rendahnya harga minyak dunia. [Baca: ]

"Harga minyak dunia kan, sekarang turunnya signifikan. Sebab itu, semua harus di-share, dilepaskan ke masyarakat," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 15 Januari 2015.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan semua harga bahan pokok dan transportasi ikut turun. Sofyan mengatakan pemerintah berani memastikan penurunan harga komoditas pangan ini.

Asalkan, kata dia, pasokan di pasar terus dijaga dan diawasi. Sistem tata niaga juga bakal diperbaiki untuk menjaga stabilitas harga. Struktur pasar yang tidak sehat, juga harus dibereskan.

"Tata niaga di Indonesia kan belum sehat, itu yang kita akan kejar. Karena bisa saja (karena) struktur pasar yang tidak sehat, ongkos turun tapi harga jualnya nggak turun. Itu dimainkan oleh distributor," ujarnya.

Selain BBM, pemerintah juga bakal menurunkan harga gas. Namun begitu, belum ada kepastian berapa besar penurunan tersebut. "Besok ini akan ada penurunan terhadap harga gas," kata dia.

Ketersediaan LPG & BBM Jelang Lebaran, Harus Terkontrol



Baca juga:


(asp)

Organda: Seluruh Angkutan Umum Bakal Berfasilitas AC

Cara Pasang Lebih dari Satu BBM dalam Satu Smartphone

Caranya sangat mudah.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016