Target Penjualan Jamu Naik Jadi Rp20 Triliun

Ilustrasi jamu.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Angka penjualan jamu selama 2014 mencapai Rp15 triliun. Pemerintah pun menargetkan penjualan jamu pada tahun ini akan lebih tinggi.

"Kami mengharapkan penjualan pada 2015 bisa meningkat jadi Rp20 triliun," kata Menteri Perindustrian, Saleh Husin dalam acara 'Minum Jamu Bersama dalam Rangka Mencintai Industri Jamu Nasional" di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.

Saat ini, dia melanjutkan, terdapat 1.160 industri jamu yang terdiri atas 16 industri besar dan 1.144 industri skala kecil serta menengah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Industri ini juga mampu menyerap 15 juta tenaga kerja.

Warga Kampung Pulo Diajarkan Berjualan Jamu

Terdiri atas tiga juta tenaga kerja yang terserap industri jamu sebagai obat dan 12 juta tenaga kerja terserap ke industri jamu yang telah berkembang ke arah makanan, minuman, kosmetik, spa, dan aromaterapi.

Bagaimana caranya?

Selain mempromosikan produk jamu, Saleh mengungkapkan, kementerian akan memberikan bimbingan dan mendorong pelaku industri supaya kualitas serta daya saingnya meningkat.

Sementara itu, Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh Kementerian Perindustrian untuk membina IKM jamu.

"Kami akan mencoba dengan supply chain yang kuat. Sering, pembuat jamu kerepotan mencari bahan baku. Kami akan mencoba meng-approach petani dan menawarkan putra-putrinya untuk mengolah bahan baku jamu. Dari sisi pemerintah, kami akan membantu pelatihan dan kompetensi," tutur Euis di tempat yang sama.

Kedua, mereka akan menyediakan peralatan pembuatan jamu, seperti mesin cacah, mesin giling, dan mesin pemeras jamu.

Dan yang ketiga, Euis melanjutkan, kementerian akan menentukan standar untuk jamu. Sebab, selama ini belum ada standar jamu, khususnya jamu tradisional, misalnya standar kekentalan jamu.

"Ada beras kencur yang punya kekentalan dan keenceran tertentu," ujarnya.

Dia juga meminta agar koperasi jamu diperkuat supaya IKM jamu bisa mendistribusikan produknya dan mendapat pinjaman usaha dengan biaya lebih murah. (art)

Mengenal Jamu Awet Muda Raja-raja Jawa

Baca juga:

Menteri Puan Maharani: Jamu asal Indonesia Akan Dipatenkan

Yenny Wahid

Yenny Wahid Kenalkan Jamu ke Anak Sejak Dini

Dia selalu menambahkan jamu pada makanan anaknya.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016