OJK Klaim Investasi Reksa Dana Terus Meningkat Tiap Tahun

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, peningkatan pendapatan dan bertambahnya jumlah kelas menengah mulai diikuti oleh perilaku publik yang berupaya mencari alternatif instrumen investasi di sektor keuangan.

"Dengan naiknya pendapatan masyarakat, mereka mulai berpikir alternatif investasi yang selama ini ke deposito. Mereka sedang mencari alternatif investasi lainnya di sektor keuangan," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad di kantor OJK, Senin, 19 Januari 2015.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Nurhaida, menyampaikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap reksa dana terus meningkat setiap tahun. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya dana kelolaan reksa dana dan jumlah unit penyertaan yang dibeli oleh masyarakat.

"Kami pasti akan mendukung usaha untuk meningkatkan investasi di reksa dana, termasuk dalam hal pemasaran dan pembayaran reksa dana secara online. Tapi akan kami pastikan sisten yang dilakukan aman, transparan, dan menjamin industri ini akan tumbuh sehat," katanya.

Terkait hal tersebut, Muliaman berharap, manajer investasi dan agen penjual reksa dana dapat memanfaatkan peluang ini dengan meningkatkan sosialisasi dan edukasi yang menyasar area perkantoran dan perumahan.

"Di SCBD sana sangat potensial karena banyak investor yang membutuhkan alternatif instrumen investasi," ucap dia.

Selain itu, Muliaman mengungkapkan, target pemasaran produk reksa dana juga bisa menyasar ke perumahan-perumahan melalui tahap sosialisasi dan edukasi terkait keuntungan dan risiko berinvestasi. "Edukasi risiko investasi juga harus jelas, agar tidak banyak komplain ke OJK," ujarnya.

Dia pun menyarankan, agar penetrasi investasi di reksa dana bisa meningkat signifikan, maka manajer investasi mesti melakukan riset mengenai tipe perilaku publik yang menginginkan berinvestasi di sektor keuangan.

DPD Minta Menkeu Tak Sembarang Sunat Anggaran Daerah

Baca juga:

Total Kekayaan Reksadana Tahun Ini Capai Rp343 Triliun
Dewan Komisioner OJK  Kusumaningtuti S. Soetiono (Kiri).

Sukseskan Tax Amnesty, OJK Perlonggar Syarat Modal Sekuritas

OJK akan beri rekomendasi pelonggaran syarat ke Kementerian Keuangan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016