Alfamart: Empat Ribu Produk yang Dijual, 96 Persen Lokal

Ilustrasi warung modern.
Sumber :

VIVA.co.id - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pengelola jaringan ritel Alfamart mengklaim lebih dari 90 persen produk yang dijual di jaringan tokonya merupakan produk lokal.

Bidik 600 Ribu Pelanggan, Alfamart Luncurkan TabloidKu

"Dari total empat ribu produk yang dijual di toko Alfamart, 96 persennya merupakan produk lokal. Perusahaan didukung oleh 500 pemasok dan principal yang merupakan perusahaan nasional sebagai pemegang merk dagang,” ungkap Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA.co.id, Selasa 20 Januari 2015.

Menurut Rachman, perusahaan juga membantu pelaku UKM untuk menjual produknya di toko Alfamart.

“Produk UKM yang memenuhi standar bisa dijual di toko Alfamart. Hal ini, dilakukan untuk mendorong UKM dalam memasarkan produk dan meningkatkan penjualan produk lokal," tuturnya.

Sementara itu, untuk pedagang ritel tradisional, yaitu toko-toko kelontong dan pemilik warung Alfamart melakukan pembinaan melalui program keanggotaan pedagang Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Xl Axiata Gandeng Alfamart untuk Permudah Penjualan Pulsa

“Para member OBA akan mendapatkan kemudahan pasokan barang dengan harga yang kompetitif, sehingga bisa dijual kembali ke konsumen akhir, dengan keuntungan yang wajar. Ada petugas khusus bernama MRO (marketing report officeer) yang membantu pengiriman barang, sekaligus memberikan saran mengenai tren produk yang sedang diminati pasar," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, Alfamart juga berbagi pengetahuan mengenai manajemen ritel kepada para member OBA melalui pelatihan manajemen ritel sederhana. “Lewat pelatihan, kami ingin membagi bagaimana mengelola usaha ritel modern,” tambahnya.

Hingga akhir tahun 2014, anggota OBA mencapai 123.097 pedagang, juga merenovasi 194 warung tradisional. (asp)

Baca juga:

Konsumen Alfamart Salurkan 5.000 Alat Bantu Disabilitas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya