Pemerintah Suntik Modal Rp2 Triliun Lebih ke Geo Dipa Energi

Lokasi proyek pengolahan energi panas bumi.
Sumber :
  • Antara/ Novrian Arbi

VIVA.co.id - PT Geo Dipa Energi mendapat suntikan permodalan dari pemerintah lebih dari Rp2 triliun. Suntikan ini dimaksudkan untuk memperbaiki struktur permodalan BUMN energi tersebut.

Melansir laman Sekretariat Kabinet, Kamis 22 Januari 2015, penambahan penyertaan modal negara itu berasal dari pengalihan Barang Milik Negara yang telah digunakan oleh PT Geo Dipa Energi.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Yakni tanah, pembangkit tenaga listrik, sumur panas bumi, dan fasilitas penunjangnya di lapangan panas bumi Dieng, Jawa Tengah dan Patuha, Jawa Barat.

Penambahan modal dengan total nilai Rp2.006.135.598.753,75 itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2015. PT Geo Dipa Energi yang didirikan pada 5 Juli 2002, semula adalah anak perusahaan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Pertamina dan PT PLN.

Pada Februari 2011, komposisi pemegang saham perseroan diubah. Saham PT Pertamina diambil alih langsung oleh pemerintah Indonesia. Sebagai konsekuensi dari tindakan tersebut, pada Desember 2011, Geo Dipa Energi mengubah dirinya menjadi BUMN yang baru. (asp)

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN

Baca juga:

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021