Target Penerimaan Pajak Naik, Tunjangan Ditambah

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Pemerintah targetkan penerimaan perpajakan naik Rp380 triliun pada tahun ini. Ada banyak upaya yang dilakukan untuk mencapai target tersebut, salah satunya dengan menaikkan tunjangan remunerasi pegawai pajak dan bea cukai.

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro, Kamis, 22 Januari 2015, mengungkapkan bahwa meski sudah ada tambahan pegawai sebanyak 7.000 orang untuk kedua instansi itu, namun dinilai belum cukup untuk meningkatkan kinerja penerimaan sesuai target.

"Tujuannya agar seluruh pegawai pajak dan bea cukai, kembali semangat menjalankan tugasnya," ujar Bambang di Gedung Parlemen, Jakarta.

Bambang masih merahasiakan berapa besar penambahan tunjangan yang dianggarkan. Sebab, akan disampaikan terlebih dahulu ke Komisi XI DPR dalam rapat pembahasan Rancangan APBN Perubahan Tahun 2015.

Selain penambahan remunerasi, ia pun mengatakan akan ada dua Undang-undang baru tahun ini yang diajukan untuk memperkuat posisi kedua instansi tersebut dalam mengoptimalkan tugasnya.

Kemudian, sistem elektronik juga mulai diterapkan dalam penerbitan faktur pajak pada tahun ini. Perusahaan atau wajib pajak (WP) badan juga mulai tahun ini tidak bisa mengeluarkan faktur pajak sendiri.

"Potensi kebocoran yang besar di restitusi, selama ini karena manual, bahkan faktur bisa dibuat oleh wajib pajak. Sehingga sering terjadi faktur fiktif, di 2015 ini paling tidak untuk wilayah besar kita akan fokus e-tax invoice," kata Bambang.

Seperti diketahui, dalam RAPBN-P 2015 pemerintah menargetkan penerimaan perpajakan sebesar Rp1.480 triliun. Angka tersebut naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp1.100 triliun.

Baca juga:

Ini Opsi Terakhir, BIla Tax Amnesty Tak Capai Target
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tarif Pajak RI Bakal Diturunkan?

Revisi UU Pajak akan segera diajukan ke DPR.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016