Faktor Ini yang Bakal Mengangkat IHSG ke Rekor 5.300

Layar elektronik menunjukkan pembukaan perdagangan saham di BEI, Jakarta
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Kombinasi kenaikan tajam indeks Dow Jones di Bursa Wall Street dini hari tadi, Jumat, 23 Januari 2015, dan penguatan rupiah terhadap dolar Amerika SerikatĀ  (AS) akan mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) berlanjut menguat. Bahkan, tak mustahil, akan menciptakan rekor baru lagi dengan menembus ke level 5.300 di akhir pekan ini.

Mengawali sesi pertamanya, IHSG langsung melesat dengan pencapaian tertinggi dibandingkan penutupan sehari sebelumnya. Indeks saham di bursa naik 28 poin atau 0,53 persen menjadi 5.281,18.

Penguatan indeks tampaknya juga dipicu oleh maraknya aksi beli asing di pasar reguler. Tercatat, pembelian bersih asing (net foreign buy) mencapai Rp522,60 miliar.

Demikian halnya dengan indeks saham unggulan LQ45 yang menanjak 1,02 persen ke 920. Kemudian, indeks JII dan IDX30 juga turut terdongkrak, masing-masing sebesar 0,89 persen ke 715 dan 1,08 persen ke 473.

Kepala Riset PT MNC Securities, Edwin Sebayang mengatakan bahwa pasar mulai berbalik arah semakin positif menyusul pengumuman dari , Mario Draghi mengenai paket stimulus senilai 60 miliar euro atau sekitar US$69 miliar. Atau total sebesar 1,1 triliun euro yang akan berakhir di September 2016 dan langkah ECB yang menurunkan biaya pinjaman jangka panjang untuk perbankan.

"Membaiknya global akan memberikan keuntungan bagi IHSG yang akan melaju makin kuat. Hal ini juga disertai dengan kembali masuknya investor ke pasar, terlihat dari maraknya volume pembelian dibandingkan tekanan jual," ujar Edwin kepada VIVA.co.di melalui pesan singkatnya.

Menurut dia, indeks saham diperkirakan akan bergerak di kisaran 5.223-5.298. "Saham-saham yang saya rekomendasikan hari ini adalah GGRM, ICBP, ASII, BSDE dan BMRI," tambahnya.

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar

Baca juga:

Dibuka Menguat, IHSG Lanjutkan di Jalur Hijau
Ilustrasi.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Pola pergerakan akan tetap terjaga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016