MNC Group Klaim Bakal Kuasai 100 Persen Saham TPI

Gedung MNC Tower
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) akan menguasai 100 persen saham PT Cipta Televisi Indonesia (TPI). Keputusan itu menyusul klaim kemenangan mereka atas kepemilikan stasiun televisi TPI, atau MNC-TV.

MNCN yakin pihaknya adalah pemilik sah dari MNC-TV. Klaim keyakinan tersebut didasari oleh putusan Badan Arbitrase Nasional (BANI) yang memutuskan kepemilikan saham TPI yang sah adalah PT Berkah Karya Bersama sebesar 75 persen.

BANI juga memutuskan pengalihan 75 persen saham TPI dari PT Berkah Karya Bersama kepada MNCN juga sah secara hukum. Putusan BANI ini kemudian dikuatkan kembali oleh hasil eksaminasi perkara tersebut yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Januari 2015 kemarin.

Eksaminasi yang dilakukan oleh sejumlah pakar hukum tersebut menyimpulkan putusan BANI sah karena dalam investment agreement diatur bahwa jika ada sengketa apa pun penyelesaiannya harus melalui BANI, sehingga pengadilan dapat melakukan eksekusi atas keputusan BANI.

Juru bicara MNC, Arya Sinulingga mengatakan hasil eksaminasi ini semakin memberikan kepastian mengenai status kepemilikan TPI oleh MNC Group.

“Dengan kepastian hukum ini, jelas meningkatkan kepercayaan investor kepada kami (MNC). Tidak ada keraguan MNC sebagai pemilik sah MNC-TV,” ujarnya, Kamis 22 Januari 2015.

Saat ini, MNC juga berencana untuk menguasai 100 persen saham TPI. Menurut Arya, perseroan tengah melakukan kajian dan mencari cara untuk mengakuisisi sisa saham 25 persen yang saat ini masih dimiliki oleh Siti Hardiyanti Hastuti, atau dikenal Tutut Soeharto.

“Dengan kekuatan hukum yang kami miliki, kami optimis bisa menguasai penuh MNC-TV,” ujarnya. (asp)

BAPMI Luncurkan Layanan Sengketa Ritel Kecil di Pasar Modal



Baca juga:

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
Lokasi proyek pengolahan energi panas bumi.

Gugatan PT Geo Dipa Dimentahkan Mahkamah Agung

PK Geo Dipa dianggap cacat hukum.

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2015