Menteri ESDM Pastikan Freeport Bangun Pabrik di Gresik

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai progres pembangunan smelter PT Freeport Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sudah dipastikan akan membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.

Sudirman di kompleks Istana Kepresidenan, Sabtu 24 Januari 2015 mengungkapkan, Freeport akan berkerjasama dengan perusahaan BUMN PT Petrokimia Gresik. Smelter yang akan dibangun itu menyewa lahan Petrokimia seluas 80 hektare dalam jangka waktu 20-30 tahun.

''Total investasinya saya tidak ingat, nanti dicek lagi,'' ujarnya.

Sudirman mengatakan, dengan skema tersebut, investasi yang dilakukan memberikan keuntungan bagi perusahaan pelat merah tersebut. Sehingga memiliki tambahan modal untuk meningkatkan usahanya.

"Selain investasinya lebih rendah, juga BUMN kita mendapatkan banyak duit, karena mereka juga terus melakukan penjajakan, mereka sudah bekerjasama,'' tambahnya.

Dia menegaskan, Freeport juga akan terus didorong untuk meningkatkan kontribusinya kepada pengembangan daerah Papua, kepada masyarakat Papua. Sehingga kesejahteraan masyarakat setempat dapat terpenuhi.

''Yang paling penting tentu saja jumlah alokasi pendapatan untuk negara harus lebih besar supaya pemerintah juga bisa memberikan porsi yang lebih kepada Papua," tegasnya. (one)

Baca juga:

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016