Freeport Jadi Perpanjang Kontrak, Ini Janji ke Pemerintah

Maroef Sjamsoeddin
Sumber :
  • www.bin.go.id

VIVA.co.id - PT Freeport Indonesia dan pemerintah menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) terkait ekspor konsentrat tembaga hari ini, Minggu 25 Januari 2015.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Dalam kesepakatan tersebut, Freeport Indonesia sepakat untuk tetap membayar kewajiban keuangan yang berlaku sesuai dengan kesepakatan pada Juli 2014 yang lalu.

Selain itu, PT FI berencana menginvestasikan sekitar US$15 miliar untuk pengembangan tambang bawah tanah. Dengan proyeksi, mulai saat ini hingga 2041, ditambah investasi proyek smelter tembaga tambahan sekitar US$2,3 miliar.

"Ekspor konsentrat tembaga akan dilakukan, dengan mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku. Kami akan terus menjajaki peluang pengembangan pabrik pengolahan dan premium (smelter) di Papua melalui berbagai studi kelayakan yang komprehensif," ujar Presdir Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA.co.id.

Maroef menyampaikan bahwa di saat yang bersamaan, sambil menunggu perencanaan dan persiapan sarana serta infrastruktur di Papua, pihaknya juga mempersiapkan lokasi di Gresik, Jawa Timur.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan BUMN terkait, seperti Petrokimia Gresik. Freeport Indonesia akan terus berupaya memberikan manfaat, bahkan nilai tambah secara berkelanjutan kepada negeri ini, masyarakat Papua, serta seluruh karyawan maupun segenap pemegang saham. Ini sejalan dengan aspirasi nasional yang nantinya akan dituangkan dalam amandemen kontrak karya," terangnya.   

Sebelumnya, pada Juli 2014, pemerintah Indonesia dan PT FI melakukan MoU di mana pihak PTF I sepakat untuk membayar bea keluar ekspor sesuai peraturan yang terbit pada periode tersebut, membayar jaminan kesungguhan pembangunan smelter sebesar US$115 juta dan meningkatkan royalti. (asp)

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

Baca juga:

'Belum Ada Kesepatakan Harga Saham Freeport'
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016