Pertumbuhan Pendapatan RI Dikalahkan Vietnam

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Data terbaru yang dilaporkan Bank Dunia menunjukkan laju pertumbuhan masyarakat urbanisasi di Indonesia tidak seimbang dengan kenaikan tingkat pendapatannya.

Upah Harian Buruh Tani Naik Rp114

Ekonom Senior Bank Dunia Spesialis Bidang Perkotaan, Taimur Samad, Senin 26 Januari 2015, menyatakan bahwa dalam setiap satu persen pertumbuhan masyarakat urban Indonesia hanya menghasilkan dua persen pertumbuhan pendapatan.

Angka pertumbuhan pendapatan Indonesia ini kalah jauh dibandingkan negara RRT sebesar enam persen, Vietnam delapan persen, dan Thailand sepuluh persen.

Tenaga Kerja Indonesia Bikin Pusing Investor

"Terlebih pekerjaan masyarakat urban baru menciptakan produktivitas yang rendah di mana hanya mendapatkan gaji yang sedikit," ujar Taimur di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Menurut dia, untuk mengatasi ketidakseimbangan antara pertumbuhan urbanisasi dan pendapatan ekonomi, diperlukan pembangunan sumber daya manusia di Indonesia demi meningkatkan pertumbuhan masyarakat produktif.

Negara Ini Tetapkan Gaji Pokok Pekerja Rp11,9 Juta Per Bulan

"Human capital harus dipersiapkan dari sekarang, jangan tunggu 20 tahun ke depan," katanya.

Berkaca pada Jepang, ia menambahkan, meskipun populasi penduduknya padat dan masyarakatnya yang tidak produktif lebih banyak, tingkat pendidikan dan perkembangan teknologi di Jepang tinggi. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya