Gajian Tiba, Ikuti Enam Resep Ini Agar Uang Tak Cepat Habis

Ilustrasi merencanakan anggaran atau keuangan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tanggal gajian tiba. Bagi Anda yang merupakan pegawai, tanggal inilah yang selalu ditunggu-tunggu, namun, tiap bulan masalahnya tetap sama, yaitu uang gaji selalu habis tak tersisa.

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Setiap bulan, Anda mungkin telah memiliki rencana penggunaan gaji yang akan diterima. Bahkan, rencana tersebut disusun jauh-jauh hari sebelum tanggal gajian itu tiba.

Masalahnya, setelah hari gajian tiba, karena banyaknya daftar tagihan yang harus diselesaikan, rencana tersebut seakan buyar.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Nah, bagaimana caranya agar tidak selalu berulang dengan masalah gaji yang selalu habis? Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu mengelola gaji Anda:

Bagi-bagi

Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah

Bagi-bagi di sini bukan artinya Anda harus membagi-bagikan gaji yang diterima ke orang lain. Tapi, jika sudah mendapatkan gaji maka bagilah total gaji tersebut menjadi beberapa bagian.

Misalnya bagian utang, kebutuhan sehari–hari, tabungan, sosial, dan bagian-bagian lain sesuai kebutuhan. Bila mungkin, tentukan persentase dari setiap bagian.

Tetapkan prioritas

Tidak hanya sekadar membaginya karena Anda perlu menetapkan bagian mana yang menjadi prioritas. Contohnya, karena dianggap mendesak Anda perlu prioritaskan membayar cicilan utang terlebih dahulu.

Setelah itu prioritas kedua pada bagian kebutuhan sehari-hari, seperti tagihan listrik, air, internet dan lainnya.

Pisahkan rekening

Bila ada alokasi untuk menabung, cobalah untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang dipakai sehari-hari. Jadi, Anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran tanpa perlu mengganggu uang simpanan yang Anda miliki.

Selain memisahkan rekening, pisahkan kartu atm tabungan dari dompet Anda agar tidak dengan mudah menggunakan uang yang ada di dalamnya.

Miliki dana darurat

Setiap saat kejadian tidak terduga bisa terjadi. Anda tiba-tiba sakit, keluarga membutuhkan uang mendadak, atau lainnya.

Di sinilah perlunya untuk selalu menyiapkan dana cadangan. Anda dapat menggabungka dana ini dalam tabungan.

Jumlahnya, biasanya berkisar antara 10 hingga 15 persen sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki.

Investasi

Demi tujuan masa depan, sisihkan juga gaji Anda untuk memulai investasi. Banyak macam saluran investasi aman yang bisa dipilih, seperti reksadana, deposito, properti, emas, dan lainnya.

Semua bebas dipilih. Namun, sesuaikanlah jenis investasi tersebut dengan karakteristik Anda.

Sosial dan investasi

Semakin banyak Anda memberi maka rezeki akan semakin lancar. Anda boleh percaya atau tidak dengan pepatah tersebut.

Namun, harus diakui setidaknya kegiatan sosial itu positif.
Karena itu, cobalah untuk mengalokasikan sedikit dana demi tujuan sosial seperti membantu kegiatan keagamaan, sumbangan bencana alam, dan lainnya.

Dengan enam resep di atas, diharapkan Anda bisa mengelola gaji dengan lebih baik. Satu hal terpenting dalam mengelola keuangan adalah kedisplinan.

Walaupun Anda sudah melakukan perencanaan yang baik, bila tanpa disiplin yang baik maka semuanya akan berantakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya