BI Optimistis Ekonomi Makro Kembali Stabil

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, optimistis bahwa makro perekonomian Indonesia dapat kembali stabil, seiring dengan kecepatan aktivitas ekonomi.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

"Kami bisa buat makro ekonomi stabil. kami pastikan kecepatan konsumsi kami bisa disesuaikan dengan sisi produksi," ujar Agus, dalam acara Mandiri Investment Forum 2015 di Ritz Carlton Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop


Menurut Agus, program pemerintah dalam membangun infrastruktur dapat menjadi sarana pendukung agar Indonesia mampu meningkatkan daya saing secara global.


"Kami sadar Kabinet Kerja sudah lakukan beberapa pengukuran yang baik untuk memperkuat konektivitas dari aspek kelautan, kereta api, dan digital untuk mendukung infrastruktur. Dengan kebijakan itu akan mampu meningkatkan daya saing di global dan efisiensi di seluruh Nusantara," tuturnya.


Selain itu, dia menambahkan, kebijakan reformasi struktural lainnya dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang dilarikan ke subsidi yang lebih produktif, dipercaya dapat menurunkan risiko bisnis dengan investasi.


"Beberapa kebijakan akan menurunkan risiko di dunia bisnis dengan investasi itu. Seluruh negara akan mendapat manfaat dengan pelayanan dan SDM yang meningkat," ujarnya.


Eksplorasi reformasi struktural tersebut, juga dipastikan akan berdampak pada ruang fiskal negara atau penghematan terhadap anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang akan dialokasikan untuk pembangunan. (art)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya