Ketimbang Jakarta, Jawa Barat Paling Diincar Investor Asing

Perluasan Kawasan Industri KIIC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Gemerlap Jakarta tampaknya tak terlalu menarik perhatian investor asing. Ini tercermin dari catatan jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia.

Menurut data Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), sepanjang Oktober-Desember (triwulan IV-2014), jumlah PMA di Jakarta hanya US$0,9 miliar. Angka ini, jauh tertinggal dibanding jumlah duit yang masuk ke Provinsi Jawa Barat, sebesar US$1,9 miliar (Rp23,7 triliun).

Meski demikian, Jakarta menjadi lokasi favorit kedua bagi investor asing. Provinsi lainnya yang jadi incaran investasi asing seperti Banten (US$ 0,5 miliar), Sulawesi Tengah (US$ 0,4 miliar), dan Sulawesi Selatan (US$ 0,4 miliar).

"Kontribusi asing di Indonesia terbesar di daerah Jawa Barat. Lebih besar dibandingkan wilayah Jakarta," ujar Franky Sibarani, Kepala BKPM.

Bila ditotal, jumlah PMA pada triwulan IV-2014 mencapai Rp78,7 triliun, tumbuh 10,5 persen.

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

Sedangkan realisasi PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) mencapai Rp41,7 triliun, meningkat 22,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total PMA dan PMDN di periode itu sebesar Rp120,4 triliun. (asp)

Baca juga:

Realisasi Investasi Kuartal II Capai Rp151,6 Triliun

Ini Pekerjaan Pertama Thomas Lembong Sebagai Kepala BKPM
Kerjasama BKPM dan Bank Mandiri

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor

Indonesia diyakini bakal terus kebanjiran investasi asing.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016