Menteri BUMN Yakin Antam Bisa Ambil Divestasi Saham Freeport

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Karni Ilyas
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang
VIVA.co.id -
Sinyal The Fed Bikin Harga Emas Naik
Menteri BUMN Rini Soemarno optimis PT Aneka Tambang Tbk (Persero) atau Antam bisa mengambil divestasi saham PT Freeport Indonesia. Tapi, itu bergantung kepada penyertaan modal negara (PMN) yang diberikan pemerintah kepada perusahaan pelat merah itu.

Meski Harga Naik, Sebagian Emas Antam Sudah Habis Terjual

"Insya Allah kami mendapatkan kesempatan itu, tapi itu tergantung kepada PMN yang diberikan," kata Rini usai rapat PMN dengan Kementerian Keuangan dan Komis XI di DPR, Jakarta, Rabu 28 Januari 2015.
Malut Minta Perhatian Pemerintah


Rini menegaskan, emiten berkode ANTM itu masuk dalam daftar BUMN yang diusulkan untuk mendapatkan suntikan modal negara. Antam diusulkan mendapatkan PMN Rp7 triliun. Dana itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan smelter.


"Antam memang diusulkan menjadi salah satu penerima PMN supaya bisa melakukan right issue. Tujuannya supaya memperkuat permodalan dan untuk keperluan perindustrian," kata dia.


Mantan menteri perdagangan dan perindustrian era Presiden Megawati Soekarnoputri ini juga menegaskan, suntikan modal pemerintah itu dapat memperkuat keuangan Antam. Sehingga mereka bisa mengambil pelepasan saham Freeport Indonesia yang sebesar 10,64 persen.


"Kami berharap agar permodalannya kuat supaya bisa mengambil divestasi saham Freeport," kata dia.


Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, mendorong BUMN untuk mengambil pelepasan saham Freeport Indonesia. Saham tersebut ditawarkan pada periode Januari-Oktober 2015.


"Kami akan mendorong BUMN yang masuk akal seperti Antam untuk masuk," kata Sudirman dalam rapat kerja dengan Komisi VII di DPR, Jakarta, beberapa hari yang lalu.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya