Laba Samsung Anjlok, Perhatikan Penyebabnya

Samsung Electronics Galaxy S5
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id - Samsung Electronics Co, Kamis 29 Januari 2015, melaporkan bahwa laba bersih kuartal keempat 2014 menurun sebesar 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ini, seiring persaingan yang lebih ketat sehingga menggerus keuntungan dari divisi mobile.

Jual Galaxy Note 7, Samsung Punya Toko Online

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, data dari sebuah lembaga penelitian menunjukkan, Samsung kehilangan pangsa pasar smartphone secara signifikan di pasar utama. Termasuk di China, menyusul peluncuran iPhone berlayar lebih besar oleh Apple Inc pada September tahun lalu.

Laba bersih Samsung untuk kuartal yang berakhir 31 Desember 2014 turun menjadi 5,35 triliun won atau sekitar US$4,9 miliar dari 7,3 triliun won pada tahun sebelumnya. Namun, penurunan tersebut masih lebih kecil dibandingkan kemerosotan 49 persen laba kuartal ketiga, di mana pada saat itu Samsung justru mencatat penjualan yang kuat dalam bisnis chip.

Selain itu, untuk laba operasional juga anjlok 36 persen menjadi 5,3 triliun won. Seiring dengan penurunan pendapatan sebesar 11 persen menjadi 52,7 triliun won, sesuai dengan proyeksi perusahaan.

Menyusul hasil tersebut, para analis memperkirakan Samsung akan mengalami pemulihan moderat pada tahun ini, ditopang permintaan untuk chip memori dan prosesor. Raksasa teknologi Korea Selatan ini juga diprediksi akan meluncurkan smartphone andalan baru pada bulan Maret mendatang.

Baca juga:

Geber Agen TrueMoney, 7 Ribu EDC Dikerahkan

Laba Samsung Electronics Diperkirakan Melonjak 10,4 Persen
Samsung

Samsung Setop Bikin Galaxy S Berlayar Datar?

Samsung ingin fokus bikin seri Galaxy S berlayar lengkung

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016