Mendag: Tak Semua Apel Impor dari AS Dilarang Beredar

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel Sidak ke Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Eropa Sejak Lama Larang Apel dari Amerika Serikat
Kementerian Perdagangan telah melarang produk apel impor jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat (AS) beredar di pasaran. Pelarangan ini terkait adanya peringatan dari badan kesehatan di AS bahwa dua jenis apel tersebut terkontaminasi bakteri berbahaya
listeria monocytogenes
Belum Ada KLB Listeriosis Akibat Konsumsi Apel Impor
.

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Kamis, 29 Januari 2015, menyatakan bahwa dua jenis apel tersebut telah ditarik dari peredarannya di pasar. Namun, untuk jenis apel lainnya yang diimpor dari AS tidak dilarang dan boleh beredar di pasar.

Mengenal Bakteri Apel Impor, Listeria Monocytogenes

Ia menjelaskan, Granny Smith dan Gala merupakan jenis apel yang dikirim dari California, AS. Diduga apel tersebut tercemari bakteri listeria monocytogenes pada proses pengemasan. Oleh karena itu, untuk apel lain yang diimpor dari AS, seperti jenis Washington, tidak bermasalah.

"Itu kan torkontaminasinya bukan dari perkebunan, tapi dari packing house-nya yang ada di California. Jadi, kalau yang dari Washington ya tidak masalah", ujar Rachmat di Jakarta.

Larangan penjualan kedua apel itu dikeluarkan setelah ada kasus di AS yang terjadi pada 9 Januari lalu. Di mana saat itu ditemukan beberapa orang di AS yang mengkonsumsi apel itu terinfeksi bakteri listeria monocytogenes. Bakteri tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia.

Masih dijual dan laris

Apel jenis Granny Smith ternyata masih banyak ditemui dijual di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Bahkan masih laris dibeli warga. Apel jenis itu ditemukan di pusat buah-buahan yang dijual para pedagang kaki lima, misalnya, di Jalan M. Arsyad, Kota Parepare. Sementara itu, di supermarket atau swalayan sudah tidak ditemukan.

Di pusat buah-buahan, warga terlihat masih memilih apel jenis itu dibanding apel lainnya. Seorang pembeli mengaku tidak mengetahui bahwa jenis apel itu dilarang, karena diduga terpapar bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

“Kami belum paham apa apel ini yang dimaksud, jadi kami beli saja karena rasanya enak,” kata M. Nur, seorang warga yang mampir membeli apel Granny Smith, pada Kamis, 29 Januari 2015.

Baca juga:

Laporan Mohammad Nadlir (JDP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya