Ini Kunci Sukses Jerman Tekan Angka Pengangguran

Pendaratan Wahana Robot Philae di Komet Churyumov-Gerasimenko
Sumber :
  • REUTERS/ESA/JMai

VIVA.co.id - Jumlah pengangguran di Jerman kembali berkurang dalam empat bulan terakhir pada Januari 2015. Mengindikasikan bahwa pertumbuhan pada negara perekonomian terbesar Eropa sedang menguat.

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam

Seperti dikutip kantor berita Reuters, Jumat 30 Januari 2015, Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa jumlah pengangguran turun sebanyak 9 ribu orang menjadi 2,84 juta orang. Namun, angka tersebut masih di bawah estimasi para ekonom yang memperkirakan penurunan sebanyak 10 ribu orang.

TIngkat pengangguran berada pada level 6,5 persen, rekor rendah dalam lebih dari dua dekade. Perekonomian Jerman telah melewati fase pelemahan, dengan tingkat kepercayaan konsumen naik ke level tertinggi sejak 2001 dan indeks permintaan tenaga kerja buruk naik ke rekor tinggi.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

Penurunan harga energi dan stimulus moneter tambahan dari Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) untuk Zona Euro mungkin juga akan menopang laju pertumbuhan dalam beberapa bulan mendatang.

“Perkembangan ekonomi saat ini memberikan dasar yang kuat bagi pasar buruh," ucap pengamat ekonomi, Jens Kramer di Hanover, Jerman.

Selain itu, jumlah pengangguran di Jerman Barat turun sebanyak 5 ribu orang dan Jerman Timur turun sebanyak 4 ribu orang. Kantor Statistik Uni Eropa, Eurostat memperkirakan, tingkat pengangguran Zona Euro kemungkinan akan tetap pada 11,5 persen di bulan Desember. (ren)

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Baca juga:

Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024