Melantai di Wall Street, Shake Shack Bagikan Burger Gratis

Shake Shack
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id - Jaringan restoran, Shake Shack benar-benar serius dalam mempersiapkan initial public offering (IPO) di Bursa Wall Street. Tak tanggung-tanggung, resto yang cukup terkenal di New York tersebut, bahkan berencana membagikan makanan gratis di lantai bursa.

Seperti mengutip dari kantor berita Reuters, Jumat 30 Januari 2015, saham Shake Shack akan dijual seharga US$21 per unit untuk IPO nanti malam. Harga itu termasuk mahal karena mencapai target kisaran atas yang ditetapkan awal pekan ini akibat besarnya animo investor.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dengan demikian, maka Shake Shack akan menggalang modal senilai US$105 juta dari IPO sehingga nilai perusahaan melonjak jadi US$745,5 juta. Untuk merayakan debut di Wall Street, pihak direksi akan mengubah New York Stock Exchange menjadi New York Shack Exchange dengan cara mendatangkan truk makanan gratis di depan gedung bursa.

Kesuksesan beberapa restoran dalam menggalang modal segar di lantai bursa mendorong Shake Shack melakukan hal serupa. Resto spesialis menu burger, hot dog dan milkshake ini mantap menjual sahamnya ke publik di awal 2015.

Shake Shack merupakan restoran milik pebisnis kuliner Daniel Meyer yang didirikan pada tahun 2001. Meyer sendiri adalah pengusaha yang sudah memiliki beberapa jaringan restoran termasuk Blue Smoke, Gramercy Tavers dan Union Square. Usai IPO nanti, maka nilai 21 persen saham yang dimiliki Meyer akan melambung jadi US$156,2 juta.

Shake Shack ingin mengikuti keberhasilan IPO dua perusahaan restoran sebelumnya di tahun 2014, yaitu El Pollo Loco dan Zoe's Kitchen. Sebagai catatan, saham El Pollo sudah melonjak 38 persen sejak pertama kali melantai di bursa saham, sedangkan Zoe's Kitchen meroket nyaris dua kali lipat dari harga IPO.

Investor di luar dugaan menyambut baik kedatangan emiten dari bisnis kuliner di tengah perlambatan ekonomi domestik.

Sebagai persiapan, Shake Shack sudah merangkul perusahaan investasi untuk dijadikan mitra penjualan saham, yakni USHG, Leonard Green Partners dan Select Equity Group. Jaringan resto yang memiliki 63 cabang ini juga menunjuk JP Morgan, Morgan Stanley dan Goldman Sachs sebagai koordinator IPO.

Belum ada keterangan resmi dalam dokumen pendaftaran IPO Shake Shack tentang jumlah saham yang akan dijual dan perkiraan harga per unitnya. Namun, kemungkinan besar modal yang didapat nantinya akan dipakai untuk ekspansi cabang ke luar negeri, melanjutkan pembukaan cabang baru di London, Istanbul dan Dubai.

Sebagai informasi, angka penghasilan bersih tahunan Shake Shack anjlok 20 persen pada angka US$3,55 juta untuk periode 39 minggu yang berakhir 24 September lalu. Sementara pendapatan kotornya mengalami kenaikan sebesar 41 persen ke angka US$83,76 juta.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Adapun untuk operator bursa yang dipilih oleh Shake Shack adalah NYSE. Sedangkan SHAK akan menjadi kode saham resto itu di Wall Street.

Baca juga:

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024