VIDEO: Kreasi Patung Kuda dari Limbah Kayu Bakar

Ilustrasi cendana
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat

VIVA.co.id - Kerajinan patung kuda berbahan limbah kayu bakar di Bantul, Yogyakarta, menembus pasaran Eropa dan Amerika. Dalam satu bulan, perajin patung mengirim puluhan patung ke luar negeri dengan omzet jutaan rupiah.

Banyak orang yang tidak menyangka, kalau patung kuda ini dibuat dari limbah kayu bakar. Patung-patung ini merupakan hasil kreasi Timbul Heru Prasetyo bersam warga Desa Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Heru adalah seniman patung otodidak yang hanya lulus SMK. Di tangan Heru, potongan kayu ini disusun menjadi patung binatang seperti singan, gajah, bison dan kuda. Lihat videonya

Dibutuhkan ketelitian dan kejelian untuk memilih potongan-potongan kayu yang akan disusun menjadi patung yang eksotis. Butuh waktu dua hari untuk membuat patung kuda dengan ukuran tinggi 180 centimeter.

Heru semula hanya coba-coba memanfaatkan banyaknya limbah kayu di sekitar rumahnya. Ternyata, bentuknya cukup bagus dan laku dijual hingga jutaan rupiah.

"Dulu hanya kepala kuda saja, tetapi itu sudah ribuan model yang laku dijual. Sekarang sudah dikirim ke Eropa dan Amerika," kata Timbul Heru. (asp)

Ada Kisah di Balik Lima Karya Seni Kuno nan Aneh Ini


Baca juga:

Menikmati Karya Seni di Pantai Losari Makasar
Karya Seni Valerino Fatica

Buah Ini Diukir Jadi Kepala Tokoh Night King

Ini merupakan hasil karya seni pria Italia, Valeriano Fatica

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016