General Motors Akan Investasi Rp8,9 Triliun di Indonesia

Kantor General Motors
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - General Motors (GM) dan mitra bisnisnya di Tiongkok SAIC Motor Corp akan segera mengumumkan pembangunan pabrik perakitan di Indonesia. Pabrik ini disebut-sebut sebagai pusat produksi untuk pasar di wilayah Asia Tenggara.

Bahkan GM dan SAIC dikabarkan telah mengambil langkah untuk membeli properti di distrik industri di pinggiran Jakarta. Menurut sumber dari perusahaan, Petinggi GM China, Matt Tsien diharapkan akan mengumumkan langkah kerja sama (joint venture) penting di negara berpenduduk 240 juta orang ini.

Mengutip Reuters, Minggu 1 Februari 2015, pejabat dari Kementerian Perindustrian mengatakan, GM dan SAIC akan menginvestasikan total US$700 juta (Rp8,9 triliun) untuk mendirikan pusat produksi dan memasarkan mobil dengan merek Wuling.

GM dan SAIC, menurut laporan tersebut, berencana untuk memulai pembangunan pabrik perakitan Wuling pada Agustus 2015. Ditargetkan pabrik berkapasitas 150.000 unit itu bisa mulai produksi pada tahun 2017.

GM mengatakan kongsi SAIC-GM-Wuling, akan memiliki 80 persen saham dari perusahaan baru di Indonesia ini. Sementara sisanya, akan dikuasai oleh SAIC.

Dalam kongsi SAIC-GM-Wuling komposisi sahamnya terdiri dari 44 persen saham milik GM, 51,1 persen milik SAIC, dan Wuling memiliki 5,9 persen. Dengan begitu, saham GM di pabrik yang ada di Indonesia itu akan efektif menjadi 35 persen.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Baca juga:

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016