Kisah Sukses Panasonic Raup Laba US$506 Juta

Sumber :
  • REUTERS/Hannibal Hanschke/Files

VIVA.co.id - Panasonic Corporation melaporkan perolehan laba bersih yang solid dalam kuartal keempat 2014 lalu, menyusul kinerja cemerlang pada unit bisnis perlengkapan rumah dan terkait otomotif.

Seperti mengutip dari Marketwatch, Rabu 4 Februari 2015, perusahaan raksasa Jepang itu membukukan laba 59,5 miliar yen atau sekitar US$506 juta pada periode Oktober hingga Desember tahun lalu. Meski lebih rendah dibandingkan 73,7 miliar yen yang ditorehkan pada periode setahun sebelumnya, perusahaan mencatat jika keuntungan pada saat itu telah terdistorsi oleh faktor keuntungan khusus.

Panasonic Dikalahkan Produk China KW4

Panasonic mengungkapkan, kinerja solid pada kuartal lalu sebagian besar disebabkan oleh kuatnya penjualan panel surya untuk rumah di Jepang dan kenaikan stabil dalam permintaan di bisnis terkait otomotif di pasar global. Perusahaan juga memperoleh manfaat dari depresiasi yen.

Sebelumnya, para analis memperkirakan, Panasonic akan mencatatkan laba sebesar 68,0 miliar yen.

Selain itu, Panasonic juga menyampaikan bahwa laba operasional turun tiga persen menjadi 113,3 miliar yen. Namun, pendapatan meningkat satu persen menjadi 1,996 triliun yen.

Pemerintah Tak Boleh Membelakangi Isu PHK

Sedangkan, pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret, Panasonic mempertahankan prospek laba sebesar 175 miliar yen. Dan dengan pendapatan sebesar 7,75 triliun yen.

Baca juga:

Kemenaker Akui Ada Pengurangan Karyawan Toshiba

Jelang Hari Buruh Panasonic

Pabrik Tutup, 508 Karyawan Panasonic Pensiun Dini

"Lebih memilih pensiun dini dengan pesangon yang cukup besar."

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2016