Penerbangan ke Jeddah, Lion Air Pesan Tiga Pesawat Airbus

lion air bekerja sama dengan airbus
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Lion Group melalui anak usahanya, Lion Air, memesan pesawat Airbus jenis A330-300 sebanyak tiga unit, yang akan digunakan untuk pelayanan penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi.

Chief Executive Officer Lion Air, Rudy Lumingkewas, Rabu 4 Februari 2015, mengatakan alasan Lion Air memilih pesawat Airbus A330 ini, karena kemampuannya lebih baik dalam banyak hal terkait penerbangan dan efisiensi penerbangannya yang tergolong tinggi.

"Jadi, Airbus 330 ini menggantikan pesawat lama kami yaitu Boeing 747 dalam melayani rute menuju Jeddah. Kami juga nantinya akan menggunakan A330 ini untuk beberapa penerbangan domestik," ungkap Rudi, di Bandara Soekarno Hatta.

Pesawat Airbus ini memiliki kapasitas tempat duduk 440 penumpang dalam satu kelas dan menggunakan mesin trent 700 dari roll royce.

Sebagai informasi, mesin roll royce ini lebih baik daripada mesin yang dipakai oleh pesawat sebelumnya, yaitu Boeing 747.

Direktur Aero Teknik Lion Air, Romdani mengatakan bahwa mesin roll royce ini memiliki ketahanan yang tinggi, karena mempunyai tiga spool mesin, sehingga cukup kuat untuk melakukan penerbangan tanpa transit, atau tanpa pindah pesawat menuju Jeddah.

"Jadi, ada tiga jenis mesin yaitu general electric, plate and witney, dan roll royce. Jadi, roll royce ini punya tiga spool engine, kalau yang sebelumnya cuma dua spool, GE dan PW tadi," jelas Romdani.

Dia menuturkan, pesawat ini baru dioperasikan pada musim haji yaitu Oktober, November, dan Desember.

Sementara itu, hingga saat ini, Lion Group telah memesan 237 pesawat Airbus, terdiri dari 60 unit A320ceo, 109 unit A320neo, 65 unit A321 neo, dan tiga unit A330-300. (asp)

Dirut Lion Air Sebut Profesi Pilot Setara Kasta Brahmana



Baca juga:

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait

Lion Air Jajaki Kerja Sama dengan Arab Saudi

Charter pesawat dan pendidikan pilot.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016