Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Lampaui Level Nasional

Beban Tata Kota Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id -
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
Pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Berbagai sektor industri di Jakarta kompak dukung pertumbuhan tersebut.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Data terbaru yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta menyebut ekonomi Ibu Kota tumbuh 5,95 persen di tahun 2014. Angka ini mengungguli pertumbuhan ekonomi nasional, yang hanya 5,02 persen di tahun yang sama.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop


"Pertumbuhan DKI 5,95 persen secara persentase di atas pertumbuhan nasional yang hanya 5,02 persen," ujar Kepala BPS DKI Jakarta, Nyoto Widodo, di Gedung BPS DKI Jakarta, Kamis 5 Februari 2015.


Pertumbuhan terjadi di seluruh sektor usaha. Sektor transportasi dan pergudangan menjadi lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertingi, yakni sebesar 13,72 persen. Diikuti oleh sektor informasi dan komunikasi, 11,08 persen, dan jasa perusahaan sebesar 8,95 persen.


Sedangkan dari sisi pengeluaran tertinggi, menurut data itu, komponen pengeluaran konsumsi lembaga nirlaba mencapai 16,88 persen. Hal ini dipicu pada tahun 2014 adalah tahun pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Pengeluaran dari partai politik sebagai salah satu lembaga nirlaba, cukup tinggi.


Feri Gomgom Simanungkalit / Jakarta

Baca juga:




(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya