Jasa Marga Berencana Rights Issue Rp7 Triliun

Dirut Jasa Marga Adityawarman
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - PT Jasa Marga Tbk pada 2016 berencana menggelar aksi korporasi penerbitan saham terbatas atau rights issue. Perseroan menargetkan raihan dana sebesar Rp7 triliun.

Aksi korporasi tersebut merupakan bentuk upaya perseroan dalam memperoleh suntikan dana melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) 2016.

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, mengatakan, perseroan tidak mengajukan PMN 2015 ke pemerintah karena belum ada proyek yang membutuhkan dana besar. Namun, dia melanjutkan, tahun depan perseroan mengajukan PMN untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol.

"Kalau sudah ada lahan dan proyeknya di mana, baru kami ajukan. Rights issue ini juga salah satu alternatif saja, kami bisa juga terbitkan obligasi," ujarnya di kantor Jasa Marga, Jakarta, Jumat 6 Februari 2015.

Dia pun menjelaskan, mekanisme PMN tersebut, akan masuk ke Jasa Marga melalui penyerapan saham baru perseroan. Jika pemerintah masih ingin menjadi pemegang saham mayoritas atau 70 persen saham, perlu mengucurkan dana Rp4,9 triliun.

"Kan 70 persen dari Rp7 triliun itu sekitar Rp4,9 triliun dan 30 persen saham perseroan dikuasai publik. Jadi, sisanya nanti Rp2,1 triliun diserap publik," tuturnya. (art)

Baca juga:

Hati-hati Transaksi Tol, Ada Mobil Pribadi Bayar Tarif Truk
Ilustrasi gerbang tol

Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll

Transaksi nontunai hanya menggunakan e-toll Bank Mandiri.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016