IHSG Kembali Tembus Rekor Baru, Koleksi Lima Saham Ini

Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Kenaikan harga minyak mentah dunia diperkirakan menjadi sentimen positif bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa, 10 Februari 2015. Bahkan, di awal sesi pertama pagi ini, IHSG sudah kembali menembus rekor baru sejak penguatan tertinggi kemarin sebesar 5,34 poin atau 0,09 persen menjadi 5.353,81.

"Meski indeks Dow Jones di bursa Wall Street melemah, tapi bisa diimbangi dengan menguatnya harga minyak mentah dunia yang saat ini mencapai US$58 per barel. Ini yang akan menjadi tenaga pendongkrak IHSG untuk menguat terbatas," ujar Kepala Riset PT MNC Securities, Edwin Sebayang kepada VIVA.co.id melalui pesan singkatnya.

Edwin menjelaskan bahwa untuk perdagangan kedua pekan ini, fokus perdagangan dalam jangka pendek tertuju atas saham-saham yang berbasis properti, bank, infrastruktur, dan semen. Dia pun memperkirakan, laju IHSG bergerak di kisaran 5.310-5.371.

"IHSG masih berpotensi terus naik menyentuh level tertingginya lagi. Jika bisa di atas level resistance (batas atas) 5.340, rekor baru bisa tercipta hari ini," ungkapnya.

Untuk saham-saham yang menjadi rekomendasinya, antara lain BSDE, BMRI, PGAS, SMGR, dan BBCA. "Lima saham itu bisa menjadi perhatian investor," tambahnya.

Adapun pencapaian rekor baru indeks saat ini seiring dengan 55 saham naik, 20 saham turun dan 56 saham tak mengalami perubahan. Volume perdagangan mencapai 36,39 juta saham senilai Rp46,17 miliar.

Senada dengan IHSG, indeks saham unggulan LQ45 juga naik 0,27 persen ke 929, indeks JII menguat 0,24 persen ke 713, dan IDX30 terangkat 0,27 persen ke 478. Sementara itu, penjualan bersih asing (net foreign sell) mencapai Rp17,96 miliar. (art)

Baca juga:

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar


Ilustrasi.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Pola pergerakan akan tetap terjaga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016