Pemerintah Ajukan Proyek Energi Kerja Sama dengan Norwegia

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Komisi VII DPR RI, membahas program mobil listrik bertenaga surya, yang proyek percontohannya (pilot project) sedang dikembangkan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Menteri ESDM Sudirman Said, menjelaskan kepada anggota parlemen bahwa pemerintah mengajukan proyek tersebut, sebagai program unggulan, yang dicantumkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) Tahun 2015.

Rencana tersebut, diharapkan mendapat persetujuan parlemen. Sehingga, program itu bisa dimasukkan dalam rencana kerja anggaran kementerian/lembaga (RKA-KL) pemerintah tahun ini.

"Ada percontohan mobil listrik berbasis surya di Sumba," ujar Sudirman dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Program ini, ia melanjutkan, memang baru diajukan dalam RAPBN-P 2015. Pemerintah sudah memastikan bahwa proyek energi ini akan bekerja sama dengan Norwegia. Sebelumnya, proyek tersebut tidak dianggarkan dalam APBN 2015. 

"Sumba akan menjadi icon island yang didominasi energi baru yang dikerjakan dengan Norwegia," kata Sudirman.

Selain itu, pemerintah juga menganggarkan dua porgam lainnnya di daerah tersebut. "Program penerangan jalan umum di empat lokasi di Sumba dan pengembangan hutan energi di sana," ujarnya. (asp)

Enam Bulan, Realisasi Investasi Energi Mencapai US$876 Juta

Baca juga:

Ilustrasi sumur PGE.

Produksi Gas PHE Lampaui Target 2016, Ini Pendorongnya

Blok-blok migas yang dikelola masih bisa diandalkan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016