Bangun Pabrik, Sorini Investasi Rp 100 Miliar

VIVAnews - PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk (SOBI) akan menginvestasikan Rp 100 miliar untuk membangun pabrik tepung tapioka di Lampung. Pembangunan pabrik dimulai pada 2009 dan diharapkan selesai pertengahan 2010.

"Pabrik tersebut akan berkapasitas 200 ton per hari," kata Direktur Utama Sorini Agro Asia Corporindo Haryanto Adikoesoemo usai rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan perseroan di gedung bursa efek, Jakarta, Senin 18 Mei 2009.

Haryanto menambahkan, investasi untuk pabrik itu disiapkan dari kas perusahaan. Selain itu, perusahaan sudah menyiapkan lahan seluas dua hektare (ha) untuk pembangunan pabrik tersebut. 

Peningkatan produksi pabrik baru, dia mengatakan, akan memperkecil porsi suplai tepung tapioka dari pihak ketiga menjadi 50 persen dibanding saat ini 70 persen dari total produksi.
 
Dia mengungkapkan, tahun ini pihaknya mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 20 juta. Capex tersebut akan dipenuhi dari kas dan pinjaman perbankan masing-masing sebesar US$ 10 juta.

Sorini memiliki lease financing dari ABN Amro sebesar US$ 10 juta. "Capex hanya untuk perawatan karena tahun ini tidak ada proyek baru," tuturnya.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 
Museum MACAN

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Ingin menghabiskan waktu yang berbeda dari biasanya bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan? Kamu bisa jadikan Museum MACAN ide hangout karena sedang open house.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024