Menko Sofyan: Harga Semen Mulai Bersaing

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id -
Asian Games Kerek Penjualan Semen Baturaja
Penurunan harga semen sebesar Rp3.000 per sak telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi pada 16 Januari 2015 lalu. Harga baru semen itu sudah efektif berlaku mulai 19 Januari 2015.
Teliti Ekosistem Bekas Tambang, Indocement Rogoh Rp518 Juta

Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil, Rabu 11 Februari 2015, menyatakan bahwa penurunan harga semen itu akan membuat kompetisi yang bagus bagi pengusaha semen.

"Kebutuhan semen akan meningkat luar biasa, yang paling penting ada kompetisi. Anda lihat, harga semen selama ini tidak pernah berkompetisi," ujar Sofyan di Jakarta.

Pabrik Baru Indocement Diklaim Terbesar Dunia

Menurut dia, penurunan harga ini juga untuk menstabilkan harga pasar. "Semen ini menurun Rp3.000 per sak, itu sama dengan 60 ribu per ton. Ini sekarang harga mulai berkompetisi, karena kalau yang lain tidak turun, maka pasarnya akan di makan semen indonesia," ujar dia.

Selain itu, untuk pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur juga akan dibutuhkan investasi. Sofyan menyatakan bahwa siapa saja bisa ikut bekerjasama dalam investasi, baik BUMN dan swasta.

"Siapa saja boleh, silahkan bangun. Kami membutuhkan investasi untuk infrastruktur yang besar, seperti jalan tol," kata Sofyan. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya