Gaji Pas-Pasan, Orang Indonesia Gemar Beli Smartphone

Beragam merk smartphone.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/2015/01/5-fakta-menarik-penggunaan-smartphone.html
VIVA.co.id -
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
Masyarakat Indonesia disebut rela mengirit demi bisa berbelanja
smartphone
IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
, akses internet, properti, dan sepeda motor. Demikian salah satu temuan survei yang dilakukan Credit Suisse bersama Nielsen.
Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?

Survei yang dirilis Kamis 12 Februari 2015 itu juga menyebutkan kalau mayoritas pendapatan orang Indonesia hanya habis untuk belanja pangan. Sama halnya dengan negara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) rendah, pangan masih mengambil persentase terbesar pendapatan bulanan masyarakat Indonesia.


Meski begitu, menurut survei itu, masyarakat Indonesia lebih optimistis dibandingkan negara peserta survei lainnya. Survei itu menyebutkan kalau optimisme orang Indonesia dipicu kesuksesan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tengah tahun lalu.


Survei bertajuk
Credit Suisse Emerging Consumer Scorecard 2015
itu menyebut semakin banyak penduduk Indonesia yang mengalami peningkatan pendapatan. Utamanya, kelas menengah-atas.


Namun, penduduk dengan pendapatan rendah tidak mengalami peningkatan berarti. Menurut survei, itu dikarenakan kenaikan upah minimum tidak terlalu signifikan.


Survei dilakukan terhadap 16.000 konsumen di sembilan negara seperti Brazil, Tiongkok, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki. "Survei kami memberikan analisis unik dan rinci mengenai sentimen konsumen di negara-negara berkembang," ujar Stefano Natella,
Global Co-Head Securities and Analytics Research
Credit Suisse, dalam keterangan tertulis.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya