Cara Ampuh OJK Melawan Rentenir

Pembiayaan untuk nelayan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad mengatakan ingin melawan lintah darat atau rentenir daerah dengan program branchless banking.

Menurutnya, masyarakat yang berada di pelosok sudah terbiasa mencari pinjaman pada rentenir. Sehingga pihaknya terus mengarahkan mereka untuk beralih ke layanan perbankan.

"Branchless banking membina agen-agen akses keuangan yang mudah diaskes masyarakat. Bisa toko, koperasi, maupun individual. Saya yakin ini bisa melawan rentenir, ini yakin akan lebih murah harganya daripada rentenir," ujarnya di Jakarta, Jumat 13 Februari 2015.

Sementara itu, untuk pembiayaan petani dan nelayan, pihaknya akan mencoba program yang pernah dibuat dengan menteri kelautan dan perikanan saat mendorong pembiayaan sektor maritim.

"Kita mencoba membuat agenda di industri pangan seperti yang pernah dilakukan pada sektor perikanan dan kelautan. Ini bisa kita coba," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan program model bisnis dan pembiayaan untuk berbagai sektor baik pertanian, perikanan, kelautan, dan pangan yang rencananya akan diluncurkan pada bulan Maret 2015.

DPD Minta Menkeu Tak Sembarang Sunat Anggaran Daerah

Baca juga:

Dewan Komisioner OJK  Kusumaningtuti S. Soetiono (Kiri).

Sukseskan Tax Amnesty, OJK Perlonggar Syarat Modal Sekuritas

OJK akan beri rekomendasi pelonggaran syarat ke Kementerian Keuangan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016