Alasan Masyarakat Beli Rumah di Pinggiran Jakarta

Pameran Rumah Murah di JCC beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Memiliki sebuah hunian yang layak akan menjadi sebuah kebutuhan setelah menapaki jenjang rumah tangga. Sejumlah warga menyatakan lebih memilih untuk membeli rumah di daerah pinggiran atau luar Jakarta. 

Tata Ruang Pemda Bantu Jaga Harga Rumah Murah

Terdapat beberapa faktor yang membuat warga jakarta tertarik untuk tinggal di pinggiran Ibukota.

Bayu, salah satu pengunjung Pameran Indonesia Property Expo di JCC, Minggu 15 Februari 2015, mengatakan bahwa dirinya lebih memilih rumah di luar Jakarta karena menilai ibukota sudah terlalu ramai.

Mekanisme Pasar Kerek Kenaikan Harga Rumah Murah

"Kalau untuk membeli, saya lebih pilih rumah di pinggiran Jakarta ya. Yang saya cari sekitar Tangerang Selatan, Serpong atau BSD lah, karena Jakarta terlalu crowded," kata Bayu di JCC Minggu 15 Februari 2015

Menurut Bayu yang mengaku bekerja di salah satu perusahaan otomotif di Jakarta Selatan ini, dia lebih memilih untuk beli rumah di pinggiran, karena alasan kenyamanan. 

Penjualan Rumah Anjlok, BI Diminta Buat Kebijakan Baru

"Karena selain harga lebih murah, suasananya juga lebih nyaman," ungkap dia.

Lebih lanjut, ditemui secara terpisah, Rendi yang berprofesi sebagai kontraktor juga mengaku lebih memilih untuk membeli rumah di luar Jakarta.

"Saya sekarang kan ngontrak di Bintaro, kalau saya sih mau cari rumah di daerah Tangerang Selatan aja ya, seperti Serpong, BSD atau Ciputat. Kalau Jakarta terlalu padat," ungkapya. 

Harga juga menjadi pertimbangan bagi Rendi. Sehingga ia memilih untuk mencari lokasi di pinggiran. "Masalah harga juga lebih murah dibanding Jakarta, ya harga kisaran 600 atau 700 (juta)an lah," ungkapnya.

Pameran Indonesia Property Expo ini diadakan di Hall A&B Jakarta Convention Center yang diikuti oleh 149 perusahaan peserta. Pameran ini diadakan mulai tanggal 14 Februari sampai 22 Februari 2015. Pameran ini menawarkan tempat hunian yang kisaran harganya mulai dari Rp300 juta hingga miliaran. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya