BI Rate Masih Bisa Bertahan di 7,75 Persen

Suku Bunga Acuan Tetap
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia segera mengumumkan kebijakan suku bunga acuannya (BI rate), Selasa 17 Februari 2015. Namun demikian, diperkirakan belum ada kejutan berarti alias BI rate bulan ini masih akan tetap bertahan di level 7,75 persen.

Kepala Riset PT MNC Securities, Edwin Sebayang mengatakan bahwa adanya deflasi di Januari yang menyebabkan inflasi secara tahunan (year on year) menurun menjadi indikator utama bahwa BI rate belum ada perubahan untuk Februari 2015. "Prediksinya masih tetap sama di 7,75 persen," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 16 Februari 2015.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya telah mengumumkan Januari 2015 terhadap Desember 2014 terjadi deflasi sebesar 0,24 persen. Sementara itu, jika dibandingkan dengan Januari 2014, mengalami inflasi sebesar 0,69 persen.

BPS menyampaikan, deflasi diakibatkan oleh kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Yang paling besar karena adanya penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) sehingga tarif angkutan dalam kota juga ikut turun, begitu juga tarif angkutan udara.

Dan senada dengan Edwin, anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Fauzi Ichsan memperkirakan bahwa BI tidak memiliki peluang untuk menurunkan suku bunga. Alasannya, Indonesia termasuk negara yang terkena anjloknya harga komoditas pada tahun ini.

Selain itu, lanjutnya, neraca transaksi berjalan Indonesia yang sempat mengalami surplus pada 2011 sebesar US$2 milliar, sangat berpengaruh terhadap ekspor Indonesia.

"Ekspor Indonesia tergantung dengan neraca transaksi berjalan Indonesia yang sempat surplus tahun 2011 lalu, yang membuat rupiah sempat menguat. Tetapi, anjloknya harga komoditas saat ini, menyebabkan defisit kepada neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan berdasarkan data pada tahun 2014," ungkap Fauzi. (ren)

Baca juga:

Bank Dunia Nilai Suku Bunga BI Terlalu Tinggi
Logo Bank Indonesia.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

7 Days Repo Rate lebih efektif menekan suku bunga perbankan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016