AirAsia Jual 25 Persen Saham Anak Usaha

tony fernandes
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Terbang ke Singapura atau Korsel Diskon 50% di Pameran Ini
Kelompok usaha penerbangan AirAsia Bhd menjual 25 persen sahamnya di AAE Travel Pte Ltd, kepada Expedia Inc. Saham itu bernilai total US$86,25 juta (Rp1,1 triliun), mengutip
The Star
Bidik Wisman, AirAsia Buka Penerbangan Jakarta-Johor Bahru
, Selasa 17 Februari 2015.
5 Besar Maskapai Penerbangan Termurah Dunia 

Maskapai penerbangan murah itu sebelumnya memiliki 50 persen saham di AAE Travel. Dengan divestasi ini, kepemilikan saham AirAsia menjadi 25 persen. Dengan begitu, Expedia menguasai 75 persen saham AAE dari sebelumnya hanya 50 persen.


"Alasan AirAsia menguangkan saham di perusahaan
joint venture
ini adalah untuk likuiditas dan akses permodalan," ujar keterangan resmi perusahaan.


Penandatanganan kesepakatan jual-beli saham ini dilakukan pada Senin malam kemarin. AAE dibentuk pada 3 Juni 2011 di Singapura sebagai agen travel
online
berlisensi. Agen itu telah dan akan hadir di Malaysia, Brunei, Indonesia, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Laos, Macao, Myanmar, Singapura, Filipina, Vietnam, Taiwan, dan Korea Selatan.


Bos AirAsia Group, Tony Fernandes mengatakan usaha patungan dengan Expedia itu bertujuan untuk membuat bisnis yang fantastis. "Visinya, menjadikan Expedia sebagai agen perjalanan yang diakui secara global dan telah menghasilkan return yang signifikan hanya dalam waktu tiga tahun," katanya. 


Fernandes menegaskan, sebagai mitra Expedia, AirAsia akan mengembangkan pasar regional. Kesepakatan jual-beli saham tersebut memberikan AirAsia kesempatan untuk mendiversifikasi jaringan distribusi di regional. (ren)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya