BG Batal Dilantik, IHSG Tembus Rekor Baru

Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Pasar saham turut menyambut gembira atas pernyataan sikap dari Presiden Joko Widodo yang membatalkan pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri. Meski belum ditutup, hingga pukul 14.30 WIB, laju IHSG naik cukup tajam 62,35 poin atau 1,17 persen menjadi 5.399,85.

Bahkan, pergerakan IHSG berhasil menembus rekor baru sepanjang sejarah dengan mencapai level 5.415,38. Sebelumnya, di awal sesi, IHSG juga melesat dengan pencapaian rekor sebesar 5.382,07 atau menguat 44,57 poin dibandingkan penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

"Apa yang dilakukan oleh presiden direspons positif oleh pasar. Kondisi politik pun berangsur stabil dan menjadi sentimen kuat dalam mendongkrak IHSG yang mencetak rekor baru lagi. Selanjutnya, kita lihat ke mana arah IHSG," ujar pengamat pasar modal, Andre Mahardika kepada VIVA.co.id, Rabu 18 Februari 2015.

Meski demikian, penguatan IHSG justru dimanfaatkan oleh pemodal asing untuk melakukan aksi jualnya. Tercatat, sementara ini, penjualan bersih asing (net foreign sell) mencapai Rp987,14 miliar.

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo menyatakan secara resmi di Istana Negara, Jakarta, mengusulkan nama Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Badrodin merupakan Wakil Kepala Kepolisian yang saat ini menjadi pelaksana Kapolri yang kosong setelah Jenderal Sutarman diberhentikan.

Dibuka Menguat, IHSG Lanjutkan di Jalur Hijau

Baca juga:

Ilustrasi.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Pola pergerakan akan tetap terjaga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016