Delapan Langkah Menawar Harga Barang

Tawar menawar
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Setiap orang suka belanja. Sayangnya, beberapa toko kerap memasang harga lebih tinggi dari seharusnya (agar mendapat keuntungan maksimal). Apalagi jika toko tersebut terletak di daerah pusat perbelanjaan yang cukup terkenal.

Jika Anda membayar begitu saja harga yang disebutkan pedagang, bisa bayangkan betapa besar kerugian yang sebenarnya Anda alami, bukan?

Diperlukan keahlian menawar harga supaya Anda memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Keahlian menawar harga harus sering Anda asah, karena semakin baik kemampuan menawar Anda, semakin murah pula barang yang Anda dapatkan. Sisa dana belanja pun bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Berikut tips untuk menawar harga barang supaya menjadi lebih murah.

1. Survei harga terlebih dahulu

Ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu harga barang yang Anda inginkan di pasaran. Misalnya Anda ingin membeli sebuah kemeja. Bandingkan terlebih dahulu berbagai merek ada yang jadi incaran Anda berdasarkan kisaran harga.

Dengan demikian  Anda akan tahu apakah barang yang nantinya ditawarkan oleh penjual termasuk dalam kategori murah atau mahal. Cara terbaik untuk melakukan survei harga saat ini adalah lewat mesin pencari di internet.

Berbagai merk terkenal sudah memasang harga barang dagangan mereka di online store masing-masing. Kunjungi juga situs grosir barang, karena bisa jadi barang yang Anda incar juga ditawarkan di sana dengan harga yang jauh lebih murah.

2. Cek kondisi barang

Perhatikan kualitas, ketahanan, kenyamanan pakai dari barang yang hendak Anda beli. Jangan sampai sesal kemudian setelah membeli.

Sebagai contoh, saat membeli kemeja, perhatikan kualitas jahitan dan bahan pembuat kemeja. Tidak ada salahnya untuk mencoba di kamar pas. Selain memastikan ukuran yang sesuai, pengepasan baju juga berfungsi untuk menilai tingkat kenyamanan kemeja saat Anda pakai.

3. Tawar separuhnya

Salah satu trik untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah menawar separuh harga dari penawaran si penjual.

Perhitungan separuh harga tersebut lebih kepada fakta bahwa banyak para penjual menawarkan barang dagangannya dua kali lipat dari harga seharusnya. Dengan separuh harga pun ada kemungkinan para pedagang sudah mendapat margin keuntungan.

Oleh karena itu tawar separuh harga terlebih dahulu. Namun apabila Anda berada di daerah wisata, silakan menawar sepertiga harga terlebih dahulu. Sering kali suvenir dan barang-barang yang dijual di lokasi wisata mengalami lonjakan harga hingga tiga kali lipat dari harga seharusnya.

4. Pelajari bahasa lokal penjual

Sudah jadi rahasia umum bahwa penjual akan memberikan harga yang lebih murah apabila calon pembeli berasal dari satu daerah yang sama dengan sang penjual. Minimal calon pembeli dapat berbicara dengan bahasa yang dipergunakan oleh penjual.

Jadi apabila Anda sedang di daerah yang asing dan jauh dari rumah, ada baiknya membuka kamus, atau bertanya kepada teman dan pemandu wisata mengenai kosa kata jual-beli yang sering dipergunakan di daerah tersebut.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik


5. Bersikap akrab dan ramah kepada penjual

Proses tawar-menawar biasanya akan lebih mudah apabila terjalin dalam suasana yang akrab. Selingi aktivitas tawar-menawar dengan canda tawa sehingga tidak kaku dan dapat meluluhkan hati penjual.

Bersikap tegas dan sok tahu justru dapat membuat penjual menjadi jengkel. Bisa jadi si penjual malah mempersilakan Anda untuk berbelanja di tempat lain. Gunakan senyum manis dan tutur kata yang sopan dan halus selama proses menawar harga sehingga penjual dengan senang hati memberikan harga yang Anda minta.

6. Ungkapkan kekecewaan Anda

Apabila Anda sudah pernah membeli barang sebelumnya di toko tersebut dan mendapat pelayanan yang kurang bagus atau ada cacat produksi yang sebelumnya tidak terlihat, maka ungkapkan kekecewaan Anda dengan sopan. Hindari cara penyampaian yang berlebihan.

Ada kalanya penjual akan memberikan diskon khusus untuk pembelian Anda selanjutnya sebagai salah satu kompensasi.

7. Langsung pergi ketika tidak ada kesepakatan harga

Saat Anda sudah menawar harga dan tidak mencapai kesepakatan harga dengan penjual, ada baiknya Anda pergi atau bersikap jual mahal. Apabila Anda dipanggil untuk kembali oleh pedagang barang berarti dia setuju dengan harga yang Anda tawarkan.

Namun apabila Anda tidak dipanggil kembali oleh penjual, maka harga yang tadi ditawarkan benar-benar harga yang paling murah. Cara ini cukup lazim dilakukan di Indonesa, dan kemungkinan berhasilnya cukup besar.

8. Pergunakan alat pembayaran pada tempatnya

Saat berbelanja di seputaran lokasi wisata, ada baiknya Anda menggunakan uang tunai. Gunakan kartu kredit atau kartu debit hanya di dalam keadaan terdesak karena Anda harus memperhitungan biaya tambahan yang dikenakan apabila ada konversi uang maupun konversi layanan.

Pastikan Anda selalu memilik pecahan uang dalam nominal kecil sehingga penjual juga tidak menyesal memberikan potongan harga kepada Anda.

Begitulah tips tawar-menawar bagi Anda yang ingin berbelanja. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016