Sofyan: Delay Lion Air Coreng Citra Penerbangan RI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, angkat bicara mengenai kasus delay (tertundanya) penerbangan maskapai Lion Air yang terjadi beberapa hari lalu hingga saat ini.

Kekayaan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Tak Main-main, Punya Saham Bernilai Triliunan

Ditegaskannya, Jumat 20 Februari 2014, hal tersebut mencoreng citra penerbangan di Indonesia.

Sofyan juga menyayangkan hal tersebut bisa terjadi. Dia menjelaskan, harus ada pengkajian ulang secara umum mengenai aturan operasional penerbangan murah (low cost carier/LCC) dan secara khusus mengenai izin penerbangan Lion Air.

"Ini, terutama Lion yang beberapa kali telah mengalami masalah yang sama. Perlu diambil tindakan yang perlu dilakukan," ujarnya, saat ditemui di kantornya, Jakarta.

Bisnis penerbangan LCC di Indonesia, menurutnya, mengalami perkembangan yang pesat saat ini. Untuk itu, regulasi yang mengatur aturan main bisnis tersebut harus ikut dikembangkan.

Dengan demikian, kepentingan konsumen tidak dikorbankan. "Karena kalau sekali, oke. Dua kali, ada masalah yang diperkirakan. Ketiga kali ini, ada masalah yang fundamental yang harus di-work out," tegasnya.

Di sisi lain, menurut Sofyan, hal ini merupakan pelajaran yang berharga bagi pemerintah, guna peningkatan moda transportasi lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami tidak bisa percaya pada angkutan udara sepenuhnya, harus dibantu dan dibangun dari infrastruktur kereta api jalan dan laut," tambahnya. (asp)

Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi Timah, Langsung Ditahan Kejagung
Ilustrasi perceraian.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

“Konstruksi hukum terkait pembagian harta bersama yang ada di Indonesia merupakan salah satu bentuk pembauran antara hukum adat, KUHP dan hukum Islam,” ujar Ketum Kowani.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024