Bos AP II: Lion Air Sudah Lunasi Dana Talangan Rp526 Juta

Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVAnews/R. Jihad Akbar

VIVA.co.id - Direktur Utama (AP II) mengatakan, Minggu 22 Februari 2015, sebelum memutuskan untuk memberi dana talangan kepada para penumpang Lion Air, pihaknya yang di bawah Kementerian Perhubungan melakukan diskusi lanjutan terlebih dahulu. Akhirnya, diputuskan membuat berita acara yang dilakukan Lion Air dan diketahui otoritas bandara.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

Mengenai isinya, Budi mengungkapkan, keadaan genting yang memaksa demikian maka diputuskan advance mambatalkan keberangkatan penumpang. Namun, katanya, Lion Air harus mengembalikan uang tiket para penumpang selambat-lambatnya dua minggu.

"Sehingga setelah ada berita acara, kami menyediakan dana. Karena jumlahnya banyak banget. Kami perkirakan sebanyak 2-3 ribu orang maka kami sediakan uang tunai Rp4 miliar," tutur mantan direktur utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, itu di Jakarta.

Dia pun menegaskan bahwa dana itu tidak pernah beralih dari AP II dan Lion Air. "Kita lakukan penelitian dengan membuat meja-meja. Satu-satu kita teliti melalui KTP, maupun boarding pass serta tiket penumpang," jelasnya.

Tahap pertama, menurutnya, sebanyak 250 penumpang itu dari Terminal 3. "Saya yakin teman-teman pers ada di situ. Setelah itu, kita Jumat-an dulu, kemudian selesaikan yang 350 penumpang lainnya. Akan tetapi, dari data yang kami peroleh, refund itu hanya kepada 548 penumpang dari Terminal 3 dan 1. Dan semuanya dibayarkan di Terminal 3," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, dari jumlah dana Rp4 miliar yang sebelumnya disediakan AP II maka yang terpakai hanya sebesar Rp526.893.500. "Jadi, per orang ada yang menerima sekitar Rp300 ribu, Rp400 ribu hingga Rp1 juta," katanya.

Jangan Berharap Ada Porter di Terminal 3 Soekarno Hatta

Sedangkan untuk sisanya, dia pun menekankan, akan menyimpan kembali ke kas perusahaan. "Dan, karena sifatnya talangan, Lion Air sudah membayar kembali Rp526.893.500 pada hari ini," tambahnya.

Baca juga:

Garuda Akan Terbang dari Bandara Pondok Cabe
Salah satu ruang tunggu di Terminal 3 bandara Soekarno-Hatta.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

Bandara Soeta targetkan 65 juta penumpang setiap tahun.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016