Krisis Listrik di Sumut, Bisa Jadi Peluang Investasi Energi

Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara.
Sumber :
  • id.wikipedia.org
VIVA.co.id -
Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok
Krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut) bisa dijadikan peluang investasi sektor energi. Apalagi, Sumut ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan sudah dilengkapi infrastruktur pelabuhan Kuala Tanjung.

Klaim Surplus, Listrik di Sulawesi Justru Padam 8 Jam

"Sumatera Utara tengah mengalami krisis listrik hingga 300 megawatt. Hal ini menjadi peluang bagi para investor dalam upaya pembangunan infrastruktur listrik," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sumatera Utara, Purnama Dewi, di kantor BKPM, Jakarta, Senin 23 Februari 2015.
Sepekan Lebih Listrik Nias Padam, Ini Upaya PLN


Sumut mengalami krisis listrik yang memprihatinkan. Dalam satu hari, seringkali mati listrik hingga tiga kali. [Baca: ]


Kata Purnama, saat ini, sudah ada 15 perusahaan yang ingin menjalin kerja sama dengan PT PLN. Namun, terdapat kekhawatiran yang memungkinkan terjadinya permainan kekuasaan wilayah, sehingga pembangunannya belum dimulai sampai saat ini. Perlu payung hukum yang jelas untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Kepala BKPM Franky Sibarani, mengatakan tengah memfokuskan perizinan yang terkait dengan investasi listrik. "Kita fokus terkait di investasi listrik. Terutama, dari segi perizinan yang mengutamakan investasi listrik," ujarnya. (asp)



Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya