Jokowi: Jangan Mimpi KEK Terwujud Kalau Terus Menunda

Presiden Jokowi
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyindir soal lambannya perwujudan pembangunan dari pencanangan kawasan ekonomi khusus (KEK). Menurutnya, hal itu terjadi, lantaran pemerintah dan stakeholder (pemangku kepentingan) terkait terus menunda.

"Jangan harap mimpi KEK akan terwujud, jika tindakan pemerintah daerah maupun pusat dan stakeholder lainnya masih tidak serius dan terus menunda-nunda,” tuturnya, saat meresmikan KEK Tanjung Lesung, di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin 23 Februari 2015.

Presiden mengaku senang, karena KEK Tanjung Lesung akan menjadi kawasan khusus pariwisata. Namun, ia mengingatkan bahwa KEK yang sudah ditetapkan sejak 1991, dengan tiga Keputusan Presiden (Keppres) itu harus segera dibangun, jangan lagi dibiarkan oleh Pemda, atau Pemerintah Pusat.

Melansir Sekretariat Kabinet, pemerintah pusat, lanjut Presiden, siap mendukung apapun untuk terwujudnya KEK itu, termasuk pembangunan jalan tol Jakarta-Tanjung Lesung.

“Apa yang dipinta? Jalan tol? Tadi saya sudah menghubungi Menteri Pekerjaan Umum, dan sudah saya instruksikan tahun ini pembangunan jalan tol sudah dimulai,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, kemungkinan pembangunan tol akan menghabiskan dana Rp5 triliun. “Pekerjaan seperti ini harus cepat dilaksanakan, karena dunia begitu cepat berubah. Kalau tidak kita ambil, pasti diambil negara lain. Kalau kita tidak tarik ke sini, akan ditarik negara lain. Ini cepet-cepetan,” kata Jokowi. (asp)

Mantan Ketua BPK: Menteri Jokowi Tak Ada yang Paham Ekonomi



Baca juga:

Senja di Pantai Bodur, Tanjung Lesung, Banten

Menikmati Bulan Madu Romantis di Tanjung Lesung

Banyak pemandangan indah nan romantis yang bisa dinikmati bersama.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2016