Tambah 50 Perjalanan, Pemberhentian Tiga Kereta Api Dipindah

Perjalanan menggunakan kereta api.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia mulai 1 April 2015 bakal menambah 50 rute perjalanan untuk angkutan penumpang dan barang. Program yang diberi nama Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015 itu akan mengubah sejumlah perjalanan kereta api di beberapa wilayah.

Khusus, KAI Daerah Operasional IV Semarang, Jawa Tengah mulai 1 April akan memindahkan tempat pemberhentian tiga kereta api kelas ekonomi jarak menengah dan jarak jauh.

"Ada tiga kereta api kelas ekonomi yang semula berhenti di Stasiun Poncol dipindah ke Stasiun Tawang dalam program Gapeka 2015 ini, " kata Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto di Semarang, Senin 23 Februari 2015.

Menurut Wawan, perubahan jadwal turun-naik penumpang ini, karena ada perubahan tempat bongkar-muat angkutan barang dari Stasiun Poncol ke Stasiun Tawang.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Adapun, tiga kereta api kelas ekonomi yang dipindah tempat pemberhentiannya ke Stasiun Tawang adalah Kereta Api Kertajaya, Kereta Api Matarmaja, dan Kereta Api Brantas.

Semula, stasiun Tawang digunakan sebagai tempat pemberhentian khusus untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif, serta beberapa kereta barang.

"Jadwal yang diubah ini, kami buat lebih realistis dan fokus pada keselamatan dan ketepatan waktu," katanya.

Sementara itu, dengan perubahan tempat pemberhentian ini, kata Wawan, membawa efek positif dengan terjadinya penambahan delapan perjalanan untuk kerata api Kamandaka relasi Purwokerto Tawang dan Kedung Sepur relasi Semarang Poncol-Ngomboh. (asp)



Baca juga:

Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia
Stasiun Gambir

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

Ada delapan kereta eksekutif.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016