Berkaca dari Lion, Citilink Ungkap Strategi Kurangi Delay

Citilink tambah 112 penerbangan pada arus mudik 2016
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Berkaca dari maskapai penerbangan Lion Air, Direktur Operasional PT Citilink Indonesia, Hadinoto Soedigno mengungkapkan, pihaknya terus memperkecil kemungkinan terjadinya keterlambatan jadwal penerbangan atau delay.

Hadinoto menyebutkan, target ontime performance Citilink tahun ini mencapai 83 persen atau lebih baik dari tahun sebelumnya yang sebesar 81 persen.

"Kalau akhir-akhir ini, di antara 80 sampai 90 persen, karena faktor cuaca," ujar Hadinoto, di kantornya, Jakarta, Senin 23 Februari 2015.

Dia mengatakan, faktor lainnya yang menghambat ketepatan waktu penerbangan, yakni minimnya infrastruktur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan beberapa bandara besar lainnya. Menurutnya, padatnya jadwal penerbangan menyulitkan pesawat lepas landas tepat waktu.

Kendati demikian, perusahaan berkomitmen memberikan kompensasi. "Kami juga patuh kalau ada delay kami ada kompensasi. Kami juga sampaikan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Komersial Citilink Indonesia, Hans Nugroho, mengatakan ada beberapa prosedur yang menjadi strategi perusahaan dalam meminimalisir keterlambatan, yaitu sebelum lepas landas (pre flight), saat penerbangan (in flight), dan setelah penerbangan (out flight).

"Kami jaga luar biasa agar on time, penumpang rela bayar tiket lebih asal on time," tuturnya.

Kemudian, Hadinoto menambahkan, dari seluruh jajaran, mulai dari teknisi pesawat, pilot, dan pramugari agar selalu siap dari jadwal yang ditentukan.

"Pegawai yang ada di bandara layani penumpang. Karena semua harus sesuai schedule yang ditentukan agar on time. Alhamdulillah kami selalu berada dalam posisi baik. Kecuali, ada hal di luar kendali seperti cuaca, traffic, di luar kendali kami," ujarnya.

Hadinoto menambahkan, tentunya tepat waktu semuanya ada acuan. Tapi, tetap mengutamakan faktor keselamatan.

"Terkait peraturan safety kami patuh. Baik dari perhubungan udara yang diterapkan, hingga ke internal kami," tuturnya.

Lion Air Pecat 14 Pilot, Dianggap Pembangkang

Baca juga:



Direktur Umum Lion Group Edward Sirait

Lion Publikasikan 14 Nama Pilot yang Dipecat

Mereka dituding telah mencoreng nama perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016