Tiga Strategi Indonesia Hadapi Tantangan Ekonomi

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Faktor global dan domestik masih konsisten sebagai tantangan ekonomi yang harus dihadapi oleh negara-negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah mengaku memiliki tiga strategi penting.

Menurut Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, Selasa 24 Februari 2014, strategi pertama, bagaimana menciptakan perekonomian yang stabil dan tumbuh tinggi.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

“Fokus utama adalah stabilitas dalam jangka pendek dan pertumbuhan untuk jangka menengah-panjang," ujarnya di Jakarta. Seperti dikutip dari laman Kemenkeu.

Strategi kedua, katanya, memperbaiki struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tujuannya, untuk menciptakan ruang fiskal yang memadai.

Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?

"Untuk yang kedua itu, sudah kita lakukan," terangnya.

Sementara itu, yang terakhir (ketiga), Bambang menjelaskan, yakni dengan mendorong pembangunan sektor riil, terutama pembangunan infrastruktur.

"Terjadi penambahan belanja infrastruktur yang signifikan di dalam APBN Perubahan. Diharapkan, selain bisa memperbaiki kualitas infrastruktur juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi itu sendiri, sekaligus dapat memecahkan beberapa masalah sosial, seperti pengangguran dan kemiskinan," tambahnya. (asp)

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Baca juga:

Uang rupiah.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global

Aksi damai 4 November tidak terlalu pengaruhi pergerakan rupiah.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016