Ini Bedanya KPR Syariah dan KPR Konvensional

Bayar pajak bagi pebisnis online
Sumber :

VIVA.co.id - Anda yang sedang ingin membeli rumah, tentu akan membandingkan jenis kredit yang tepat dan sesuai.

Baik KPR bank konvensional atau KPR bank syariah, masing-masing memiliki kelebihan. Tapi, masih banyak yang tidak mengerti apa bedanya KPR syariah dan KPR konvensional.

Serupa dengan produk perbankan syariah lain, KPR syariah juga tidak mengenal bunga dalam sistem kreditnya. Perhitungan yang dipakai adalah bagi hasil.

Ternyata, tidak hanya itu yang menjadi perbedaan antara KPR syariah dan KPR konvensional. Berikut adalah beberapa poin yang bisa Anda catat.

Satu akad vs multi akad

Bila di KPR bank konvensional hanya dikenal satu akad, yaitu akad jual beli. KPR syariah memiliki beberapa alternatif pilihan akad yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam sistemnya, ada beberapa jenis akad yang ditetapkan oleh KPR syariah. Yaitu akad Murabahah (jual beli), akad Musyarakah Mutanaqishah (kepemilikan bertahap), akad Ijarah (sewa), dan Ijarah Muntahua Bittamlik (sewa beli).

Akad yang sering ditawarkan secara umum adalah akad Murabahah dan Musyarakah. Tetapi, yang paling banyak ditawarkan adalah skema jual beli atau murabahah.

Fluktuatif vs angsuran tetap

Bunga yang diterapkan pada KPR konvensional biasanya bersifat fluktuatif atau menyesuaikan kondisi suku bunga yang berlaku.

Walaupun KPR konvensional menetapkan bunga dan cicilan tetap, namun biasanya hanya berlaku 1–3 tahun saja.

Pada KPR syariah, harga jual rumah ditetapkan di awal saat Anda menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli rumah.

Itulah kenapa KPR syariah memiliki jumlah angsuran bulanan yang tetap. Namun, jumlah angsuran tersebut akan ditetapkan sesuai dengan kesepakatan di awal perjanjian hingga jatuh tempo pembiayaan atau masa angsuran selesai.

Penalti vs non penalti

Jika di KPR konvensional, Anda akan dikenakan penalti saat ingin melunasi angsuran sebelum masa kontrak berakhir. Berbeda dengan KPR syariah, sistem penalti ini tidak berlaku. Sistem tanpa penalti ini ditetapkan karena harga KPR sudah ditetapkan sejak awal perjanjian.

Walau telah mengetahui perbedaan antara KPR syariah dan KPR konvensional, Anda juga perlu membandingkan produk yang saat ini banyak ditawarkan. Intinya, sesuaikan jumlah cicilan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Berhitung dan terus bandingkan!
(ren)

Baca juga:

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Ilustrasi pendidikan

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Ada diskon bila Anda rajin mencari informasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016