Menteri Pertanian: Stok Beras Cukup

Menteri Pertanian: Stok Beras Cukup
Sumber :
  • Fajar Sodiq/Solo
VIVA.co.id
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menyatakan stok beras untuk kebutuhan nasional mencukupi. Ia menyebut stok beras mencapai 9 juta ton.
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok

"Stok beras aman. Karena Januari ada 600 ribu hektare sawah panen. Pada bulan Februari ada 1,24 juta hektare sawah panen. ‎Berarti ada beras yang tersedia sekitar 9 juta ton," kata Menteri di Solo, Rabu, 25 Februari 2015.
Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan


Menurut Menteri, Jawa Tengah sebagai kantong penghasil beras akan panen ‎230 ribu hektare sawah. "Artinya akan ada produksi beras sekitar 1,5 juta ton khusus dari Jawa Tengah.”


Amran melakukan perjalanan dua hari di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk mengecek pasokan beras. Usai dari Solo, dia akan ke Sragen dan Ngawi untuk menghadiri panen raya.


"Pada hari ini akan ada 38 ribu hektare sawah di Sragen panen. Kemudian akan berlanju‎t ke Ngawi akan ada panen raya 24 ribu hektare," tuturnya.


Ia mengkalkulasi dari perjalanannya selama dua hari di Demak, Sragen dan Ngawi akan ada tambahan produksi beras. ‎"Jadi perjalanan kita selama dua hari (Demak, Sragen, Ngawi) ada sekitar 100 ribu hektare. Kalau ditotal selama seminggu, di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada 700 ribu ton beras. Jadi, pasokan berasnya, kan bertambah," jelasnya. (one)


Baca berita lain:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya