Kilang Minyak 300 Barel Per Hari Dibangun Tahun Depan

Pipa minyak mentah bocor di Los Angeles
Sumber :
  • REUTERS/Phil McCarten

VIVA.co.id - Pemerintah akan membangun kilang minyak berkapasitas 300 barel per hari tahun depan. Pemerintah berjanji bakal mempercepat pembangunan dua kilang yang ada di Bontang, Kalimantan Timur tersebut.

Tahun Ini Pemerintah Targetkan Kajian Cadangan Minyak

"Ada dua kilang yang harus kami percepat pembangunannya," kata Plt. Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, I Gusti Nyoman Wiratmaja, di Jakarta, Rabu, 25 Februari 2015.

Dua kilang tersebut merupakan kerja sama kemitraan antara pemerintah dan swasta (KPS) yang dibangun di Bontang. Kilang berkapasitas 300 ribu bph ini diharapkan akan di-groundbreaking pada September 2016.

Swasta Lirik Investasi Kilang Minyak Mini

"Yang swasta, kami juga harapkan untuk di-groundbreaking tahun depan. Feasibility study-nya sudah selesai," ujarnya menambahkan.

Dia mengatakan, kilang yang dibangun oleh pihak swasta berlokasi di Jawa, berkapasitas 150 ribu bph. "Yang swasta saya belum mau kasih tahu (investornya). Yang jelas mereka dari Timur Tengah," kata Wiratmaja.

PDIP: Pengembangan Blok Masela Harus Sejalan Nawacita

Minyak yang akan diolah oleh kilang tersebut berasal dari negara Timur Tengah dan diharapkan dua tahun pembangunannya selesai. "Tahun 2018 akhir kira-kira selesai. Crude-nya dari Timur Tengah."

Baca juga:

Dirjen Migas, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja.

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya

Tapi Menteri Arcandra belum mengetahui rencana ini.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016