Operasi Pasar Elpiji 3 Kilogram Pertamina Tak Laku

Pekerja menurunkan tabung gas elpiji 3 kg
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

VIVA.co.id - Guna memastikan bahwa masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam memperoleh elpiji 3 kilogram (kg) serta sebagai upaya untuk mengendalikan harga, Pertamina Pemasaran Jawa Barat melakukan operasi pasar di berbagai titik.

Nasib Harga BBM Diputuskan Malam Ini

Selain itu, Pertamina juga menambahkan pasokan hingga ke pangkalan-pangkalan. Masyarakat juga semakin mudah memperoleh karena tersedia di SPBU.

Operasi Pasar yang dilakukan kemarin, Rabu 25 Februari terjadi di berbagai titik, antara lain di Tambun-Bekasi, Cikarang-Bekasi, Citeurep-Bogor. Sayangnya, tidak banyak didatangi pembeli.

Berdasarkan keterangan tertulis Pertamina, Kamis 26 Februari 2015, dari 560 tabung yang disediakan, rata-rata hanya terjual antara 40-60 tabung. Operasi pasar dilakukan terutama di daerah-daerah yang sebelumnya dikeluhkan kesulitan memperoleh elpiji 3 kg. Namun demikian, operasi pasar akan tetap dilakukan di titik-titik yang berbeda hingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan memperoleh elpiji 3 kg serta harga sudah normal kembali.

Perbedaan Harga Gas di Daerah Tinggi, Ini Usulan Pengusaha

Hari ini, operasi pasar akan dilakukan, antara lain di Sukmajaya dan Cinere-Depok serta Cibinong dan Tamansari-Bogor. Pertamina juga memberikan tambahan pasokan ke berbagai daerah.

Untuk tanggal 25-27 Februari, Pertamina menambahkan pasokan ke Bogor sebanyak sekitar 260.000 tabung dan Depok sebanyak sekitar 93.000 tabung. Daerah-daerah lain juga diberikan tambahan pasokan sebanyak 50 persen dari alokasi hariannya, misalnya di Cirebon, Majalengka, Kuningan, Garut dan Cianjur.

Ini Kelemahan Skema Subsidi Langsung Elpiji 3 Kilogram

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa elpiji 3 kg tersedia dan mudah didapatkan oleh masyarakat dengan harga wajar.

Selain itu, Pertamina juga menggunakan SPBU-SPBU yang tersebar di berbagai lokasi sebagai outlet Elpiji 3 kg. Apabila masyarakat masih mengalami kesulitan memperoleh elpiji tersebut dengan harga wajar, masyarakat bisa mendatangi SPBU.

Baca juga:

ESDM Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga LPG 3 Kg

Itu karena harga LPG dunia sedang turun.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016