Soal Ketepatan Waktu Penerbangan, Bos Lion Group Salah

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Barangkali Anda masih ingat pendapat Direktur Umum Lion Group, Edward Sirait, yang menyebut tidak ada penerbangan yang on time performance-nya (OTP) 100 persen.

"Kalau bicara dunia penerbangan, on time performance belum ada yang 100 persen," kata Edward awal pekan ini. [Baca: ]

Namun, tampaknya ungkapan itu salah. Sebab, menurut laporan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, ada penerbangan yang bisa mencapai 100 persen OTP. Prestasi bagus itu ditorehkan maskapai Travira.

Maskapai penerbangan perintis yang melayani daerah timur Indonesia itu, memuncaki daftar OTP yang dirilis Kemenhub. Dari 15 maskapai di Indonesia, Travira menjadi satu-satunya penerbangan yang tidak pernah delay sepanjang 2014.

Memang, jumlah flight Travira sepanjang 2014 itu baru 47 penerbangan. Namun, setidaknya maskapai itu berhasil mencatatkan OTP 100 persen.

Lalu, bagaimana dengan Lion Air. Ternyata, maskapai yang baru-baru ini membuat "ricuh" beberapa Bandara di Indonesia lantaran delay (penerbangan tertunda) itu, tingkat OTP-nya baru 73,80 persen.

Jokowi: Kereta Akan Kurangi Macet di Bandara

Dalam catatan Kemenhub, pesawat yang dioperasikan PT Lion Mentari Airlines mengalami 44.929 delay dari total 126.569 penerbangan sepanjang tahun lalu.


Baca juga:

Air France Luncurkan Maskapai Berbiaya Murah
Pesawat AirAsia

AirAsia Tawarkan Tiket Rp299 Ribu ke Malaysia

Buka dua rute baru dari Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016