Pertamina Tak Bisa Awasi Distribusi Elpiji Sampai Pengecer

Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - PT Pertamina (Persero) mengakui bahwa tidak bisa mengontrol distribusi elpiji 3 kilogram (kg) di tingkat pengecer. Sebab, kewenangan Pertamina hanya berlaku pada agen dan pangkalan elpiji.

Pada Kamis 26 Februari 2015, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengatakan bahwa dalam distribusi elpiji, Pertamina berkontrak dengan agen.

Disebutkan ada 3.500 agen elpiji se-Indonesia. Kemudian, agen pun punya pangkalan-pangkalan yang di bawahnya dan terikat perjanjian dengan agen. Jumlah pangkalan elpiji Pertamina mencapai lebih dari 17 ribu pangkalan.

"Kontraknya (antara agen dengan pangkalan) disaksikan oleh Pertamina," kata dia, di SKK Migas, Wisma Mulia, Jakarta.

Selanjutnya, pangkalan pun mendistribusikan elpiji ini ke pengecer. "Yang jadi masalah, distribusi elpiji 3 kg dari pangkalan ke luar pangkalan (maksudnya, pengecer)," kata dia.

Ahmad memaparkan, untuk harga elpiji di tingkat agen, Pertamina membanderolnya dengan harga yang telah ditetapkan ditambah pajak pertambahan nilai (PPN).

"Kalau agen jual pangkalan itu, harganya tergantung pemda, yaitu Harga Eceran Tertinggi (HET) yang merupakan harga agen ditambah biaya transportasi dan marjin pangkalan," kata dia.

Lalu, apa respons pemerintah mengetahui Pertamina tak bisa mengawasi distribusi elpiji 3 kg di tingkat pengecer? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, juga mengaku tak mungkin membuat ketentuan hingga di tingkat pengecer.

"Pemerintah tindak mungkin menjadi polisi sampai ke warung-warung," kata Sudirman.

Dia pun hanya bisa mengimbau agar para distributor terkait--dalam hal ini agen dan pangkalan--tidak memainkan harga elpiji.

Sebab, pihak distributor yang ketahuan nakal akan dicabut hubungan usahanya oleh Pertamina.

"Kami mengimbau agar agen tidak main-main," kata mantan dirut PT Pindad (Persero).

Tak hanya itu, Sudirman pun meminta agar masyarakat juga turut menjaga kestabilan harga elpiji. Caranya, masyarakat yang mampu diminta untuk membeli elpiji non subsidi.

"Masyarakat jangan mengambil hak (masyarakat yang kurang mampu)," kata dia.

Nasib Harga BBM Diputuskan Malam Ini

Baca juga:

ESDM Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga LPG 3 Kg

Itu karena harga LPG dunia sedang turun.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016